• Our Partners:

Fitur picture-in-picture di IOS 14

Picture-in-Picture iOS 14: Kabar Buruk Bagi YouTube, Kabar Baik Buat Pengguna

NESABAMEDIA.COM – Pernahkah Anda bisa terus menonton atau sekadar mendengarkan video YouTube favorit Anda di latar belakang saat menggunakan aplikasi lain di iPhone Anda?

Jawabannya: bisa, jika Anda membayar untuk berlangganan YouTube Premium. Namun apakah Anda pernah berharap dapat mendengarkan video YouTube favorit Anda di latar belakang secara gratis?

iOS 14 adalah solusinya yang memungkinkan Anda melakukan hal itu. Apple mengumumkan sejumlah fitur baru untuk iOS 14 di Worldwide Developers Conference 2020 pada hari Senin. Dari widget di layar beranda dan perubahan pemberitahuan panggilan hingga balasan dan sebutan pesan in-line, dengan begitu banyak berita Apple, semua orang terikat untuk mengabaikan beberapa efek samping dari semua fitur baru ini.

Sebut saja: fitur picture-in-picture iOS 14 yang baru. Sekarang Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lain di iPhone atau iPad sambil menjaga video yang sedang Anda tonton terbuka di home screen berukuran thumbnail yang bisa Anda pindahkan ke mana saja di layar. Keren kan?

Pakar media sosial Matt Navarra memperhatikan sesuatu yang bahkan lebih ekstrem dari itu. Ternyata Anda dapat menggunakan fitur picture-in-picture iOS 14 dengan video YouTube yang dibuka melalui aplikasi peramban web Safari. Video YouTube yang mengambang bahkan dapat didorong keluar layar tanpa mengalami kendala. Seakan-akan Anda sedang memutar video musik YouTube favorit Anda di latar belakang seolah-olah itu adalah aplikasi musik.

Video picture-in-picture bahkan masih bisa didengarkan meski layar iPhone Anda terkunci.

Anehnya, Anda tidak dapat menikmati fitur picture-in-picture iOS 14 dengan aplikasi YouTube. Untuk mendengarkan video YouTube di latar belakang, Anda harus membuka video di dalam Safari. Mengapa demikian? Karena YouTube menggunakan kemampuan untuk memutar video di latar belakang sebagai titik penjualan utama untuk langganan Premium YouTube-nya.

Musik sangat besar di YouTube. Sebuah studi 2018 menemukan bahwa hampir setengah dari semua konsumsi streaming musik internet sudah terjadi pada platform video. Pemutaran video latar belakang yang tertanam dalam iOS 14 dapat membuat YouTube menjadi pilihan yang lebih populer untuk mendengarkan musik.

Fitur iOS ini bukan pengganti Premium YouTube yang lengkap. Pelanggan yang membayar juga mendapatkan kemampuan mengunduh video untuk menonton luring (offline) dan bebas iklan. Namun, jika pemutaran latar belakang merupakan alasan utama mengapa Anda membayar $11,99 per bulan untuk YouTube Premium, Anda mungkin dapat menghemat beberapa dolar dan menggunakan solusi ini sebagai gantinya.

iOS 14 akan dirilis resmi pada akhir tahun ini. Anda dapat mengunduh rilis beta untuk iPhone dan iPad Anda sekarang.

Leave a Reply

Send this to a friend