• Our Partners:

Fitur Baru Google Photos Bikin Mudah Terkenang Masa Lalu

NESABAMEDIA.COM – Google menekankan aspek “nostalgia” pada perubahan Google Photos kali ini sehingga pengguna bisa lebih mudah menemukan foto-foto kenangan dan menelusuri lokasi-lokasi pengambilan foto.

Dari segi interface, secara keseluruhan tidak ada perubahan yang drastis. Segalanya masih terasa serba “Google” dengan latar belakang putih, logo warna-warni di bagian atas, dan sekumpulan foto yang ditampilkan sesuai dengan tanggal pengambilan foto.

Fitur Memories, yang merupakan contekan dari fitur Stories milik Snapchat, juga masih bisa dijumpai di bagian atas. Tapi, ada yang agak berubah dari fitur yang diperkenalkan di bulan September lalu ini.

Selain menampilkan foto-foto lama, Memories juga menampilkan “Recent Highlights” yang berisi foto-foto terbaik dari lusinan foto yang diambil pengguna di minggu-minggu sebelumnya.

Di bawah Memories, foto-foto ditampilkan dalam ukuran thumbnail yang lebih besar, tapi jarak satu sama lain sedikit lebih rapat daripada sebelumnya.

Saat pengguna menelusuri foto, Google akan mencoba menebak foto-foto mana saja yang sekiranya akan dianggap menarik oleh pengguna dan menampilkan foto-foto tersebut dalam ukuran thumbnail yang lebih besar daripada thumbnail lainnya.

Yang paling terlihat berubah mungkin adalah bagian bawah Google Photos yang semula terdiri dari empat tab, kini dipangkas menjadi tiga tab saja karena tab “For You” dihilangkan, sedangkan isinya dipindahkan ke bagian “Memories”. Tiga tab yang tersisa tersebut adalah yaitu Search, Photos, dan Library.

Isi dari tab “For You” yang dimaksud adalah collage dan animasi yang dibuat secara otomatis oleh Google Photos.

Google Photos juga kedatangan fitur baru yang diklaim paling diminati sejak lama, yaitu “Map View”. Fitur ini mengumpulkan data dari informasi EXIF yang termuat di dalam setiap foto dan juga dari Google Location History.

Fitur “Map View” menampilkan sebuah peta interaktif yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan melihat foto berdasarkan lokasi, jadi sangat membantu khususnya buat pengguna yang sering menghabiskan waktu luangnya untuk jalan-jalan ke berbagai tempat wisata.

Dalam kesempatan ini, Google juga memutuskan untuk membuat sedikit perubahan pada logo Google Photos. Logo masih tetap berupa kincir angin mainan anak-anak, pola warna tetap sama, hanya bentuknya saja yang disederhanakan.

Leave a Reply

Send this to a friend