• Our Partners:

Plus Codes, Andalan Google Maps Untuk Berbagi Lokasi

Tidak semua lokasi di dunia ini dapat dicari dengan mudah karena banyak diantaranya yang tidak memiliki alamat yang jelas atau bahkan tanpa alamat sama sekali.

Untuk mengatasinya, Google meluncurkan fitur Plus Codes sebagai bagian dari Google Maps lima tahun yang lalu, tapi sepertinya fitur tersebut tidak begitu sering digunakan. Kini, Plus Codes diperbarui untuk mempermudah penggunaannya sehingga diharapkan dapat menarik minat lebih banyak pengguna.

Plus Codes merupakan alamat digital yang didasarkan pada titik koordinat garis lintang dan garis bujur. Alamat tersebut tampil dalam format alfanumerik, yaitu sebuah kode yang tersusun dari kombinasi angka, simbol, huruf kecil dan huruf besar.

Berikut ini adalah beberapa contoh Plus Codes:

  • HP23+4W Lemahputro, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • 2J8Q+M2 Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur
  • 6HC6+J3 Bottopassi, Suriname

Jika anda ingin memberitahukan lokasi anda ke orang lain tapi tidak tahu persis alamat lokasinya, Plus Codes itulah yang perlu anda kirimkan. Caranya, cari titik biru yang menunjukkan posisi anda pada layar dan ketuk titik tersebut. Plus Codes kemudian akan langsung muncul di bagian atas, tidak seperti dulu di mana Plus Codes masih ditampilkan di bagian bawah peta.

Setelah Plus Codes muncul, anda bisa langsung mengirimkannya. Siapa pun yang menerima kiriman anda dapat mencari lokasi anda dengan memasukkan kode tersebut ke dalam kolom pencarian di situs resminya yang beralamatkan di Plus.codes, di Google Search, atau di Google Maps.

Selain untuk membagikan lokasi anda, Plus Codes juga dapat digunakan untuk membagikan lokasi lain, tapi caranya sedikit berbeda. Yaitu, ketuk dan tahan lokasi yang alamatnya ingin anda bagikan dengan orang lain.

Contoh penerapan lain dari Plus Codes adalah untuk melengkapi informasi alamat yang disertakan di dalam undangan untuk menghadiri sebuah event, untuk dicantumkan di dalam website supaya semua orang bisa lebih mudah dalam mencari lokasi usaha anda, untuk kondisi darurat di mana anda benar-benar membutuhkan bantuan, dan untuk digunakan sebagai bagian dari sistem layanan pengiriman barang. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend