• Our Partners:

PowerToys Hadirkan Hots File Editor &  File Locksmith

PowerToys Hadirkan Hots File Editor &  File Locksmith

Beberapa waktu yang lalu Microsoft telah resmi merilis pembaruan terbaru mereka untuk pengguna PowerToys, yang mana kini telah ada dalam versi 0.64.0 yang memberikan beberapa fitur seperti Host File Editor, Sabtu (05/11).

Pengguna PowerToys nampaknya mendapatkan beberapa fitur unggulan dari Microsoft, pasalnya fitur ini sebelumnya telah dirumorkan akan dirilis di PowerToys namun masih belum dikonfirmasikan langsung oleh perusahaan.

Sampai akhirnya diberikannya pembaruan terbaru dari Microsoft, yang mana pada akhirnya pengguna melihat serangkaian fitur yang telah dirumorkan sebelumnya. Kemampuan dari File Host ini memungkinkan pengguna untuk bisa langsung melakukan pencadangan dan pemulihan.

Untuk pengguna yang ingin mengakses Hots File Editor ini, maka pengguna bisa langsung mengakses layanan PowerToys, kemudian pada Dasboard telah ada fitur Host File Editor, pengguna bisa langsung mengaksesnya dan melihat beberapa pilihan aktivitas.

PowerToys Hadirkan Hots File Editor &  File Locksmith

Hosts File Explorer

Untuk pengguna yang ingin mengaktifkan fitur ini, maka hanya dengan mengaktifkannya menggunakan toggle pada bagian teratas, ubah Off menjadi ON. Mudah bukan?

Selain memberikan fitur Host File Editor, Microsoft juga memberikan satu fitur tambahan yang turut mendukung menyempurnakan fitur secara keseluruhan, yaitu fitur File Locksmith. dengan menggunakan fitur ini, maka kita bisa langsung melihat banyak berkas.

Fitur File Locksmith memungkinkan pengguna untuk bisa langsung melihat, program apa saja yang saat ini menggunakan berkas atau File. Jadi, nantinya ketika pengguna mengakses layanan ini dapat langsung melihat daftar program yang sedang menggunakan berkas seperti di bawah ini:

PowerToys Hadirkan Hots File Editor &  File Locksmith

Locksmith di PowerToy

Menariknya, ketika pengguna sudah tidak memerlukan proses penggunaan berkas, maka pengguna bisa menghentikan sesinya dengan mengakhiri penggunaan berkas melalui fitur End Task dan tidak perlu mengakses Task Manager.

Fitur ini juga bisa digunakan ketika kita tidak dapat mengakses atau menyunting folder dan berkas, karena informasi sedang diakses oleh program lain. Dengan hadirnya fitur ini, maka kita bisa langsung mengetahui apa program yang sedang menggunakan berkas.

Untuk pengguna yang ingin menggunakan fitur PowerToys terbaru, sayangnya ini tidak ada di Microsoft Store. Pengguna bisa langsung mengunduhnya langsung melalui laman resmi GitHub di sini.

Bagaimana menurut Anda? Jika Anda salah satu pengguna PowerToys, maka bisa langsung tuliskan pengalaman Anda selama menggunakan PowerToys di kolom komentar.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend