• Our Partners:

Produk Apple Akan Mendominasi Pasar Mini LED di Masa Depan

Produk Apple Akan Mendominasi Pasar Mini LED di Masa Depan

Apple telah bekerja sangat keras selama beberapa tahun terakhir untuk bisa mengaplikasikan teknologi Mini LED ke produk-produk mereka. Setelah lama dinanti, perusahaan akhirnya memperkenalkan sebuah teknologi layar baru dengan iPad Pro. Layar baru itu menawarkan kecerahan warna dan lebih efisien ketimbang LCD pada umumnya. 

Menurut Display Supply Chain Consultants (DSCC), Apple mungkin akan menjadi perusahan yang sangat dominan ketika berbicara soal teknologi Mini LED dalam beberapa tahun ke depan. Tampaknya, pengiriman panel layar menggunakan teknologi Mini LED akan mencapai 40 juta unit pada tahun 2026 nanti.

Berkat Apple iPad Pro yang menggunakan teknologi Mini LED ini, rata-rata pengiriman kuartalan dari panel layar Mini LED akan mencapai angka 1 juta unit pada tahun 2022 ini. Berdasarkan laporan itu, jumlahnya mungkin akan meningkat di akhir tahun. 

Berdasarkan keterangan dari DSCC dari penelitian industri terbaru menunjukkan bahwa produk Mini LED Apple, akan mendominasi pasar dalam beberapa tahun lagi. Lebih lanjut, peneliti berharap harga dari lampu belakang Mini LED akan menurun cukup drastis di tahun-tahun yang akan datang. Apple juga bakal menggandeng pemasok asal Cina, jadi teknologinya bisa dipastikan akan lebih murah dengan penawaran yang lebih baik.

DSCC juga menyatakan bahwa dengan biaya produksi yang lebih murah dan integrasi vertikal tingkat lanjut, harga Mini LED akan semakin terjangkau. Oleh karenanya, Apple bisa meningkatkan teknologi ini pada lebih banyak produk, daripada harus menyimpannya untuk perangkat premium. 

Kini pertanyaannya adalah, apakah perusahaan lain akan mengikuti tren ini atau tidak. 

Perlu dicatat juga bahwa Mini LED ini adalah langkah awal dari layar Micro-LED. Apple sendiri sedang mengerjakan teknologi Micro-LED, namun mereka sepertinya lebih mendahulukan pengembangan atas Mini LED. Teknologi Micro-LED mirip dengan OLED, dengan piksel self-emissive yang masing-masing bisa menyala secara independen. Ini adalah teknologi yang berpotensi menggantikan keberadaan teknologi OLED di masa depan. Namun sayang, sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda perangkat yang bakal menggunakan teknologi tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend