Project Latte Masih Sesuai Rencana Untuk Rilis Tahun Ini

Project Latte Masih Sesuai Rencana Untuk Rilis Tahun Ini

NESABAMEDIA.COMSetelah meninggalkan proyek Astoria, Microsoft beralih untuk mengembangkan sebuah cara membawa aplikasi Android ke perangkat Windows 10. Sejauh ini keberhasilannya bisa dilihat dari adanya dukungan streaming aplikasi Android di perangkat Windows 10 melalui aplikasi Your Phone, yang saat ini masih terbatas hanya bisa digunakan di perangkat buatan Samsung.

Ide terbaru dari Microsoft sebagai pengganti proyek Astoria itu adalah Project Latte, yang ditujukan untuk membantu para pengembang untuk membuat sebuah paket yang berisi aplikasi mobile mereka dalam format MSIX dan mengaktifkan dukungan asli untuk subsistem Android. Proyek ini dibuat dengan basis Windows Subsystem for Linux dan nantinya akan mendukung aplikasi yang diterbitkan para pengembang di Windows Store. 

Jika ide ini diterapkan, akan bisa membantu mengatasi masalah yang selama ini paling banyak dikeluhkan yakni adanya sebuah jarak atau ‘gap’ di aplikasi yang ada di Windows Store. Juga meningkatkan pengalaman penggunaan Windows Store di Windows 10 ARM dan Windows 10X. 

Sebenarnya, rumor ini sudah seringkali muncul sejak Oktober tahun lalu yang menyebutkan bahwa Microsoft sedang mengembangkan sebuah proyek yang menjadi suksesor dari Proyek Astoria, namun saat itu masih belum ada bukti kuat yang mendukung. 

Sepertinya, proyek tersebut masih berjalan dan terlihat tidak ada tanda-tanda untuk ditinggalkan seperti yang terjadi pada Proyek Astoria. Faktanya, versi pratinjau pertama dari fitur yang ada di Project Latte itu bisa saja dirilis pada paruh kedua tahun ini. Untuk menawarkan kompatibilitas aplikasi Android asli, Microsoft juga berencana untuk mengganti Google API dengan Windows API jika memang memungkinkan.

Tidak seperti Proyek Astoria, Project Latte dan subsistem berbasis Linux lainnya akan sedikit lebih baik dengan dukungan untuk fitur Windows 10. Ini juga akan memungkinkan end-user untuk melakukan sideload aplikasi Android di perangkat desktop mereka. Untuk bisa melakukannya, pengguna diharuskan membuka pengaturan Developer, dan mengaktifkan mode pengembang dan kemudian memasang aplikasi yang diinginkan. 

Akan tetapi aplikasi seperti Gmail, Photos dan Play Store yang sepenuhnya bergantung pada integrasi Google Play Services, tidak akan bisa berjalan di Windows 10.

Leave a Reply

Send this to a friend