Qualcomm dan Microsoft Kerjasama Bikin Chipset Untuk Metaverse

Qualcomm dan Microsoft Kerjasama Bikin Chipset Untuk Metaverse

NESABAMEDIA.COMMetaverse saat ini menjadi sebuah topik pembicaraan yang masih ambigu, terlepas dari implikasi bahwa ini erat kaitannya dengan Meta, yang merupakan rebranding dari Facebook.

Namun pada dasarnya, istilah itu mencakup lebih dari sekedar hidup di dunia virtual yang tersembunyi di balik sepasang kacamata VR. Itu sebabnya Microsoft dan Qualcomm telah bekerja sama untuk mengembangkan teknologi hardware dan software untuk bisa mendapatkan pasar di metaverse. 

Dalam hal ini kita berbicara mengenai kacamata AR, sejenis kacamata pintar yang mengemas layar transparan atau proyektor di dalam lensa kacamata, untuk membantu menampilkan obyek virtual secara fisik ke dunia nyata.

Microsoft telah menjadi pemimpin dalam ruang ini sejak 2016, ketika mereka meluncurkan kacamata AR HoloLens, dan kini generasi berikutnya dari HoloLens dan kacamata AR lainnya akan ditenagai oleh chipset baru yang tengah dikembangkan Microsoft dan Qualcomm. 

Chipset baru itu secara khusus didesain untuk memungkinkan pengembangan kacamata AR yang lebih ringan dan hemat daya, sesuatu yang sangat dibutuhkan jika perusahaan ingin maju melampaui ruang yang ada dan lebih mengarah ke ranah konsumen. 

Selain itu, kedua perusahaan juga akan saling berintegrasi dalam pengembangan platform Extended Reality (XR) mereka, yakni Microsoft Mesh dan Qualcomm Spaces, untuk memastikan bahwa produk-produk jenis XR bisa bekerja secara lancar bersamaan dalam cara yang koheren dan kohesif. 

Microsoft baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan membawa platform Mesh mereka ke Microsoft Teams, sehingga pertemuan virtual yang ada bisa diikuti dan dialami dalam berbagai jenis perangkat berbeda. 

Dengan adanya kerja sama pengembangan antara Microsoft dan Qualcomm ini, perangkat kacamata AR dan perangkat XR lainnya, seperti headset VR, bisa dibangun dalam platform yang mendorong aspek keterbukaan, standar yang bisa dioperasikan, membantu menciptakan dunia virtual dan teknologi yang bisa dinikmati dari berbagai faktor bentuk.

Ini juga akan sangat menarik ke depannya, dan menunggu seperti apa langkah yang akan diambil oleh Meta alias Facebook, dalam mengembangkan platform metaverse mereka untuk bisa bersaing dengan Microsoft dan Qualcomm.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend