Review Smartphone Xiaomi Redmi Note 9T

Redmi Note 9T Smartphone Murah Dengan Baterai Besar dan 5G

NESABAMEDIA.COMSmartphone Redmi Note 9T merupakan smartphone murah terbaru dari Xiaomi yang akan segera hadir ke pasaran dengan mengusung teknologi 5G. Secara tampilan mungkin akan terlihat seperti smartphone yang simpel, namun yang ada di dalamnya terdiri dari komponen yang menarik. 

Redmi Note 9T memiliki kamera yang mumpuni, layar yang bagus dan baterai yang sangat besar, namun berbobot cukup ringan. Smartphone ini sementara ini hanya tersedia di pasar Eropa dengan harga dibanderol sebesar USD281 (Rp4 jutaan), bersaing dengan smartphone murah buatan Realme, OnePlus dan sejenisnya. 

Redmi Note 9T tampaknya tidak melampaui batasan apapun dalam hal desain. Tampilannya hampir semuanya berupa layar, dan menyisakan sedikit ruang di bagian bawah. Layar depannya menggunakan material plastik, dan mungkin inilah yang membuatnya menjadi smartphone dengan budget rendah. Framenya cukup menonjol, dan seperti membentuk cangkang luar. Penerapan desain unibody, menjadikan bagian samping dan belakang ponsel menjadi satu bagian dengan material plastik.

Secara keseluruhan bentuk dari smartphone ini lumayan, tidak terlalu jelek dan tidak terlalu bagus. Bagian tepinya memiliki permukaan yang halus dan membulat. Xiaomi menjadikan panel depan Redmi Note 9T hampir datar seluruhnya, meski sedikit menyempit di bagian tepinya. 

Panel Kamera Redmi Note 9T

Panel Kamera Redmi Note 9T

Ukuran layarnya 6.53 inci dengan dukungan panel Full HD+ dan rasio aspek 19.5:9 serta refresh rate 60Hz. Sebuah punch-hole diletakkan di bagian kiri atas sebagai wadah kamera selfie.

Smartphone ini menggunakan chipset octa-core dari MediaTek Dimensity 800U 2.4GHz, disandingkan dengan GPU Mali-G57. Pilihan RAM dan penyimpanannya terdiri dari RAM 4GB/64GB yang menggunakan teknologi UFS 2.1 dan 4GB/128GB menggunakan teknologi UFS 2.2.

Meski Dimensity 800U menjadi salah satu bintang dari MediaTek, namun di smartphone ini performanya tidak terlalu mencolok. Dibandingkan dengan Redmi K20 Pro atau Note 8 Pro yang lebih lama, hasilnya masih berada di bawahnya. Bahkan tidak bisa mengalahkan smartphone OnePlus 7T dan 7 Pro. 

Untuk masalah baterai, Xiaomi rupanya cukup handal dengan memasang baterai berkapasitas 5,000mAh di smartphone ini. Dari uji coba, smartphone ini hanya membutuhkan dua kali pengisian ulang selama pemakaian satu minggu penuh. Terlebih, smartphone ini mendukung teknologi pengisian cepat 18W, yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit untuk mengisi ulang dari 0 persen hingga penuh. 

Hasil Foto Kamera Redmi Note 9T

Hasil Foto Kamera Redmi Note 9T

Bagian kameranya cukup lumayan untuk smartphone dengan budget murah. Kamera utamanya 48MP, disandingkan dengan kamera kedalaman 2MP untuk pengambilan gambar bokeh, serta kamera makro 2MP untuk pengambilan gambar close up yang ekstrim. 

Redmi Note 9T mampu menangkap video hingga 4K dengan 30fps. Meski hasilnya cukup bagus, namun terdapat masalah efek seperti butiran yang cukup mengganggu. Kamera selfie 13MP-nya memiliki lima elemen lensa f/2.25. Hasil fotonya menjadikan latar belakangnya terlalu terang. 

Leave a Reply

Send this to a friend