Film Indonesia Terbaik

10+ Rekomendasi Film Indonesia Terbaik (Terbaru 2022)

Sebelum-sebelumnya kita sudah membahas beberapa film-film terbaik dari luar negeri, belum lengkap rasanya jika saya tidak membagikan film dari negara kita sendiri, Indonesia.

Film Indonesia tak kalah bagusnya dengan film luar negeri, terbukti dengan beberapa penghargaan yang didapat baik nasional maupun internasional.

10 Daftar Film Indonesia Terbaik

Penasaran, apa saja sih film Indonesia terbaik yang harus Anda tonton? Simak 10 rekomendasi film Indonesia terbaik yang wajib jadi temanmu di akhir pekan ini.

1. Dua Garis Biru

Dua Garis Biru

Dua Garis Biru – 2019

Rekomendasi film Indonesia terbaik yang pertama yang wajib Anda tonton adalah film Dua Garis Biru. Film ini sempat diperbincangkan dan cukup fenomenal saat perilisannya. Karena film ini mengangkat topik yang masih dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia yaitu hamil di luar nikah.

Film ini bercerita tentang dua orang anak SMA bernama Dara dan Bima, yang dimainkan oleh Adhisty Zara dan Angga Yunanda. Keduanya saling jatuh cinta hingga akhirnya kecelakaan itu terjadi, Dara hamil. Meskipun begitu, Bima tidak pergi meninggalkan kekasinya. Ia bertanggung jawab, walaupun hubungannya tidak sedekat dahulu dikarenakan orang tua mereka yang tidak setuju.

Di balik kisahnya, banyak sekali pesan moral yang dapat diambil oleh para remaja agar mereka lebih memahami bagaimana dampak yang akan mereka dapatkan jika melakukan hal tersebut.

Film ini mendapatkan banyak penghargaan, seperti Film Terfavorit di Indonesian Movie Actor Awards 2020, Skenario Asli Terbaik di Fectival Film Indonesia 2019, dan masih banyak lagi. Film ini WAJIB Anta tonton!

2. Kulari Ke Pantai

Rekomendasi Film Indonesia Terbaik

Kulari Ke Pantai – 2018

Film Kulari Ke Pantai merupakan salah satu karya dari Mira Lesmana dan Riri Riza, yang mana kita tahu karya film mereka tidak pernah main-main. Film ini bergenre drama keluarga anak yang sangat cocok ditonton bersama keluarga menikmati akhir pekan.

Cerita ini berkisah tentang hubungan dua sepupu, Sam dan Happy yang selalu bersitegang karena perbedaan diri mereka. Sam (dimainkan oleh Maisha Kanna) merupakan bocah usia 10 tahun yang besar di kepulauan Rote, Nusa Tenggara Timur dan begitu mencintai alam serta selancar.

Sementara Happy ( yang dimainkan oleh Lil’li Latisha), tumbuh di ibukota Jakarta dan keranjingan dengan media sosial. Dia selalu melihat sepupunya sebagai bocah kampung yang ketinggalan zaman. Mereka melakukan perjalanan darat bersama-sama menuju kawasan Timur pulai Jawa tentunya ditemani oleh ibu Sam.

Nah, sepanjang perjalanan banyak kejadian tak terduga, pertemuan dengan teman-teman baru, dan pemandangan indah yang menjadi pengalaman berharga bagi Sam dan Happy. Bagaimana kelanjutannya? Silakan tonton sendiri ya ๐Ÿ™‚ hehehe

3. 27 Steps of May

27 Steps of May

27 Steps of May – 2029

Film terbaik Indonesia berikutnya adalah film yang dirilis pada tahun 2019 lalu yaitu 27 Steps of May. Film ini dimainkan oleh Raihaanun dan aktor ternama Lukman Sardi. Film ini membawa Raihaanun menjadi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2019.

Film 27 Steps of May ini menceritakan tentang seorang perempuan yang bernama May hidup begitu ceria. Hingga sampai akhirnya di usia 14 tahun hidupnya berubah. May diperkosa secara beramai-ramai oleh sekelompok orang yang ditdak dikenal selepas bermain kora-kora di pasar malam.

Sejak kejadian itu, May berubah dan enggan untuk berbicara lagi kepada siapapun, termasuk ayahnya (yang dimainkan oleh Lukman Sardi). Ia menyimpan trauma itu selama delapan tahun.

Penasaran bagaimana kisah May selanjutnya? Silakan tonton di platform video online bersama keluarga Anda. Jangan khawatir, film ini mendapatkan rating score IMDb 8.0, jadi dijamin film ini bagus sekali.

4. Habibie & Ainun

Film Indonesia Terbaik Habibie & Ainun

Habibie & Ainun – 2012

Film Habibie & Ainun yang rilis pada tahun 2012 lalu ini termasuk salah satu film Indonesia terbaik. Film ini menceritakan tentang kisah cinta Presiden Republik Indonesia ke-3, bapak Alm. B. J. Habibie dan istrinya, Ainun.

Film ini diperankan oleh aktor senior kita, Reza Rahadian. Ia mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di Festival Film Indonesia 2013 dan pemeran wanitanya, Bunga Cita Lestari pun juga meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2013.

Film ini menceritakan awal perjalanan cinta dan hidup B. J. Habibie bersama Ainun Habibie yang bersekolah di Jerman. Berkat kejeniusan Habibie di bidang teknologi pesawat, Soeharto memanggilnya untuk pulang ke Indonesia untuk membuat industri pesawat sendiri di dalam negeri.

Film yang menceritakan Habibie ini sudah rilis sebanyak 3 film. Dan ketiga-tiganya sangat bagus dan wajib Anda tonton. Jangan lupa weekend ini jadi watchlist Anda bersama keluarga ya!

5. Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah – 2016

Film Indonesia terbaik selanjutnya adalah film garapan komika Ernest Prakasa. Penulisan dan cerita yang disajikan sangat menarik, tak heran jika film Cek Toko Sebelah ini menjadi salah satu film yang dapat dikatakan puncak keberhasilan seorang Ernest Prakasa.

Ide cerita di dalam film ini dibuat dengan latar belakang etnis Tionghoa di Indonesia. Dimana ekspektasi dan tolok ukur seseorang itu berdasarkan sekolah dan jabatan yang tinggi. Namun sayangnya, ujung-ujungnya bekerja di toko milik orang tuanya sendiri.

Film ini berhasil sukses memenangkan penghargaan Skenario Asli Terbaik dari Festival Film Indonesia serta rentetan penghargaan lainnya. Dikemas secara komedi, namun pesan yang disampaikan cukup tersampaikan dengan baik.

6. Backstage

Backstage

Backstage – 2021

Film bergenre drama musikal yang disutradarai oleh Guntur Suharjanto ini berhasil mendapatkan hati penonton. Pasalnya, film Backstage mendapatkan rating score IMDb yang cukup besar yaitu 8.0, dimana film Indonesia jarang sekali mendapatkannya.

Film Backstage ini diperankan oleh dua kakak beradik yaitu Vanesha dan Sissy Prescilla. Sang kakak yang amat sangat peduli dengan adiknya. Elsa (Vanesha) memiliki mimpi untuk menjadi penyanyi, untuk itu ia meyakinkan sang kakak dan ibunya bahwa ia akan mengikuti audisi akting menyanyi dan ia langsung mengirimkan videonya tersebut.

Hingga akhrinya, ada seorang produser yang tertarik dan ingin menerbitkannya menjadi seorang penyanyi terkenal. Padahal selama ini Elsa tidak pandai bernyanyi, Sandra sang kakak lah yang pandai bernyanyi. Tak lama, konflik antar adik dan kakak ini pun muncul. Bagaimana cara Elsa dan Sandra menyelesaikan permasalahannya?

7. Kartini: Princess of Java

Kartini: Princess of Java

Kartini: Princess of Java – 2017

Film berikutnya ini mengangkat sosok perempuan yang sangat berjasa untuk Indonesia, Kartini. Film Kartini ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2017 lalu. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini telah mendapatkan beberapa penghargaan dan nominasi, salah satunya adalah Best Film di ajang Piala Citra.

Bagaimana tak bagus film ini, pasalnya film ini diperankan oleh aktor-aktor papan atas seperti Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian, Christine Hakim, dan masih banyak lagi.

Film ini menceritakan tentang kehidupan Kartini (yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) yang memperjuangkan kesetaraan antara pria dan wanita. Sosoknya digambarkan sebagai seorang pemberontak dan tak segan melawan orang yang menentangnya di saat ia tidak melakukan sesuatu yang salah.

Reza Rahadian berperan sebagai Kartono (kakak Kartini) yang juga memberikan dampak yang cukup besar dalam semua pergerakan Kartini. Diharapkan dengan hadirnya film ini generasi muda khususnya wanita dapat terinspirasi dan selalu berkarya sesuai dengan passion-nya. Pokoknya film ini wajib banget ditonton!

8. Imperfect

Film Indonesia Terbaik Imperfect

Imperfect – 2019

Film Indonesia terbaik selanjutnya adalah Imperfect. Sama seperti film Cek Toko Sebelah, film Imperfect ini merupakan karya dari komika Ernest Prakasa yang ia angkat dari buku.

Film ini mengangkat tentang gerakan mencintai diri sendiri dan stop body shaming, yang mana hal ini sudah menjadi isu dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat.

Film ini mengisahkan seorang perempuan yang memilki tubuh gendut dan berkulit gelap nan kusam, dan cuek dengan penampilannya. Perempuan ini bernama Rara yang diperankan oleh Jessica Mila. Ia memiliki adik perempuan yang cantik, dimana kriteria cantik menurut masyarakat adalah tinggi, putih, feminim, dan rambut lurus.

Nah, dengan keadaan Rara yang lebih cuek inilah yang menjadi konflik berupa diskriminasi dari teman-teman kantornya. Rara selalu berusaha untuk menurunkan berat badan.

Namun, ketika hal itu tercapai hubungannya dengan pacar dan keluarganya menjadi berantakan. Lalu, bagaimana Rara menyelesaikannya? Langsung tonton film ini di platform video online kesayanganmu ya.

9. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini – 2020

Film Indonesia terbaik berikutnya adalah Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Film ini bergenre drama keluarga, sehingga sangat cocok dinikmati bareng keluarga nih.

Film NKCTHI ini merupakan film ke-13 garapan Angga Dwimas Sasongko yang diadaptasi dari buku karya Marchella FP. Buku laris tersebut berisi kumpulan pesan pengalaman pribadi seseorang.

Film ini dimainkan oleh artis-artis senior, seperti Rio Dewanto, Rachel Amanda, dan masih banyak lagi. Film yang menceritakan tentang sudut pandang tiga anak dari keluarga Narendra: Angkasa, Aurora, dan Awan.

Mereka terlihat sebagai keluarga yang baik-baik saja ketika bersama orang tua. Namun, sebenarnya keluarga tersebut memiliki trauma yang ditutupi oleh sang ayah demi membuat para anggota keluarga bahagia.

10. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara

Keluarga Cemara – 2018

Rekomendasi film Indonesia terbaik yang terakhir adalah Keluarga Cemara. Film ini pertama kali tayang pada tahun 2019 lalu, yang dimainkan oleh beberapa aktor-aktor senior seperti Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman.

Mungkin Anda masih ingat dengan serial TV Keluarga Cemara yang pernah ditayangkan pada tahun 90-an. Nah, film ini digarap kembali oleh Yandy Laurens dan dikemas sedemikian rupa dengan alur cerita yang lebih menarik dan dibuat sesuai dengan zaman.

Sebelum penayangannya secara resmi di bioskop, film ini sudah melakukan world premiere dalam ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF). Penasaran dengan alur ceritanya yang lebih fresh dan modern? Langsung saja Anda masukkan kw watchlist akhir pekanmu ya.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi film Indonesia terbaik yang wajib Anda tonton saat akhir pekan bersama keluarga ataupun orang tersayangmu. Film mana nih yang sudah pernah Anda tonton?

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih ๐Ÿ™‚

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend