• Our Partners:

Widget Pihak Ketiga di Windows 11 Tidak akan Menimbulkan Masalah Kinerja

Widget Pihak Ketiga di Windows 11 Tidak akan Menimbulkan Masalah Kinerja

NESABAMEDIA.COMSalah satu fitur baru di Windows 11 adalah panel atau papan Widgets yang pada dasarnya merupakan reboot dari fitur News & Interest yang ada di Windows 10. Jika News & Interest Windows 10 hanya mengirimkan pembaruan berita, maka papan Widgets yang baru bisa menampilkan konten interaktif dari aplikasi seperti Microsoft Store, Calendar dan lainnya. 

Akan tetapi, panel Widgets di Windows 11 relatif terbatas karena hanya mendukung aplikasi asli yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini hanya akan menampilkan cuaca, olahraga, berita dan pembaruan dari aplikasi tertentu seperti, Microsoft to Do, Photos, Calendar dan sejenisnya. Dalam event Build 2022 beberapa waktu yang lalu, Microsoft mengkonfirmasi bahwa pustaka Widgets yang lebih luas akan tersedia akhir tahun ini.

Merujuk pada dokumentasi Microsoft, Widgets ditenagai oleh Adaptive Cards yang ditulis menggunakan JSON dan memungkinkan aplikasi atau layanan untuk secara terbuka bertukar data.

Menggunakan Adaptive Cards, Microsoft mampu untuk mengubah JSON menjadi antarmuka asli, yang secara otomatis beradaptasi terhadap jendela atau kontainer aplikasi tertentu. 

Ini membantu merancang dan mengintegrasikan antarmuka ringan untuk semua platform dan kerangka kerja utama. Perusahaan mengatakan Widgets dengan berbasis Adaptive Cards bisa bertindak sebagai pengalaman pendamping yang hebat untuk aplikasi Win32 dan PWA di Windows 11. 

Adaptive Cards bukanlah teknologi baru, dan Microsoft telah menggunakannya di Windows Timeline, Teams, Cortana, Outlook dan banyak lagi. Tidak diketahui bagaimana pastinya pengembang akan bisa mengintegrasikan aplikasi mereka dengan Widget, tetapi sebuah dokumen telah mengkonfirmasi bahwa widget pihak ketiga hanya akan berdampak minimal pada kinerja perangkat.

Microsoft menjelaskan bahwa widget pihak ketiga berbasis Adaptive Cards ini selalu menggunakan memori dan CPU dengan rendah, dan antarmuka adaptif mereka akan secara otomatis menatanya agar sesuai dengan pengalaman faktor bentuk atau host. 

Pada akhir tahun ini, Microsoft juga akan memberikan kesempatan kepada para pengembang untuk menerbitkan widget melalui Microsoft Store dan proses penerbitan widget ke toko aplikasi tersebut akan menggunakan metode dan proses yang sama dengan mengirimkan aplikasi biasa.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend