Berbagai Hal Baru di Start Menu Windows 11 22H2

Berbagai Hal Baru di Start Menu Windows 11 22H2

NESABAMEDIA.COMWindows 11 22H2 memang bukan sebuah rilisan besar, namun itu hadir dengan banyak sekali peningkatan minor, khususnya untuk fitur seperti Settings dan Start Menu. Jika aplikasi Settings mendapatkan integrasi akun Microsoft, maka Start Menu mendapatkan beberapa fitur yang sebelumnya tidak ada pada rilisan awal. 

Di Windows 11, salah satu perubahan desain terbesar adalah Start Menu. Secara default, Start Menu kini ditempatkan di bagian tengah Taskbar.

Sistem operasi ini telah didesain sedemikian rupa untuk menempatkan semuanya di bagian tengah layar, tidak seperti Windows lama, di mana memungkinkan untuk memindahkan taskbar ke bagian atas, kiri atau kanan, dan semuanya ditempatkan di bagian kiri secara default. 

Start Menu Windows 11 hadir dengan beberapa ikon sederhana. Di sisi lain, Windows 10 menggunakan Live Tile dinamis dan juga memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan Tile yang ada untuk mengkustomisasi Start Menu lebih lanjut. Start Menu yang baru tidak memiliki opsi untuk melakukan kustomisasi tata letak, karena fitur ini telah dihapus di Windows 11. 

Jika anda sebelumnya menggunakan Windows 10 atau bahkan Windows 8, anda akan menyadari perubahan yang besar pada Start Menu.

Ketika anda membuka Start Menu di Windows 11, anda akan melihat ikon alih-alih Live Tiles. Tidak seperti Live Tiles, yang digunakan untuk menampilkan animasi pembaruan seperti aplikasi News and Weather, ikon-ikon ini status dan bisa mewakili fungsi masing-masing. 

Folder Aplikasi

Dengan Windows 11 22H2, Microsoft menambahkan kembali beberapa fitur yang dibutuhkan pengguna ke Start Menu. Penambahan pertama adalah dukungan untuk folder aplikasi dan berfungsi seperti namanya, mengelompokkan aplikasi untuk menyimpan ruang dan mengatur tata letak Start Menu.

Anda akan bisa membuat folder di dalam Start Menu dengan melakukan drag and drop sebuah ikon aplikasi ke ikon aplikasi lainnya. Sebuah folder akan tercipta dan anda bisa memberikan nama pada folder ini. Misalnya, anda bisa menempatkan aplikasi seperti Amazon Prime dan Netflix dalam sebuah folder bernama ‘Entertainment’.

Layout Baru

Secara default, Start Menu menampilkan tiga baris ikon dan aktivitas yang direkomendasikan. Windows 11 22H2 hadir dengan dua layout baru. Di versi baru ini, anda bisa memilih antara opsi ‘More Pins’ atau ‘More Recommendations’ untuk menampilkan baris tambahan dari pin atau rekomendasi. 

Gestur Baru

Untuk pengguna tablet, Microsoft tengah mengerjakan dua gestur sentuhan baru, yakni:

  • Swipe atau menggeser untuk menampilkan atau menghilangkan Start Menu. Anda bisa melakukan penggeseran empat jari dari tengah Taskbar untuk membuka Start Menu. Anda bisa menggeser ke bawah untuk menutupnya.
  • Anda bisa menggeser dari kanan ke kiri untuk mendapatkan semua aplikasi di Start Menu. Anda juga bisa menggeser dari kiri ke kanan untuk mengembalikan ke mode Pinned. 

Tidak dipungkiri lagi bahwa Live Tiles di Start Menu menawarkan lebih banyak cara untuk mengkustomisasi pengalaman. Sayangnya, Live Tiles tidak pernah kembali ke sistem operasi karena Microsoft telah menyerah. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend