Review Huawei MatePad 11, Tablet Yang Bisa Lakukan Banyak Hal

Review Huawei MatePad 11, Tablet Yang Bisa Lakukan Banyak Hal

NESABAMEDIA.COMHuawei terpaksa harus menyusun ulang strategi bisnis mereka selama beberapa tahun terakhir sejak mendapatkan sanksi dagang oleh pemerintah Amerika Serikat. Kita sudah melihat bagaimana upaya perusahaan dengan menjajaki bisnis wearable dan di saat yang sama juga terjun ke perangkat tablet. 

Sebelumnya telah hadir Huawei MatePad Pro awal tahun ini, sebuah tablet yang nyaman digunakan, termasuk dengan Huawei MatePad 11. Keduanya adalah tablet yang jauh berbeda untuk pengguna yang berbeda pula, dan jika MatePad 11 merupakan versi yang lebih rendah, namun banyak pengguna yang menyukainya. 

Jika ada hal yang paling sempurna dari Huawei, itu adalah desain perangkat tabletnya. Masing-masing desain tablet yang mereka buat sangat mencolok dan nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama, dan Huawei MatePad 11 tidak berbeda. Padahal, sangat sulit untuk mendesain sebuah lempengan kaca, namun Huawei selalu bisa menghadirkannya. Terdapat sebuah kamera menghadap depan dan LED notifikasi di atas dan bawah layar, ketika menggunakan tablet itu dalam mode landscape. 

Fokus utama dari perangkat tablet Huawei MatePad 11 adalah pada bagian layarnya. Ini memiliki sebuah panel IPS 10.95 inci yang cantik dan begitu terang. Tentu ini ditujukan untuk penggunaan dalam menonton atau melihat konten, dan kecepatan refresh 120Hz sangat mengesankan ketika menggulir di antara menu. 

Jika anda tertarik dengan gaming, beberapa game akan terasa nyaman dimainkan dengan kecepatan refresh setinggi itu. Perlu dicatat juga bahwa LCD yang bagus bisa lebih baik daripada panel OLED, namun beberapa orang lebih memilih kegelapan yang nyata dari piksel yang dimatikan yang ada pada panel OLED.

Tablet Huawei MatePad 11 memiliki empat buah speaker, terbagi dua di bagian samping, sebuah colokan USB-C, dan sebuah slot untuk meningkatkan kartu microSD. Tidak ada colokan headphone di sini, yang merupakan sebuah keanehan untuk perangkat tablet yang berorientasi konten, meski colokan headphone saat ini memang jarang tersedia untuk perangkat modern. Kemudian juga ada setelan dua kamera di bagian belakang.

Meskipun ini sangat nyaman untuk menonton konten, sayangnya terkadang harus frustasi karena ada kalanya aplikasi yang anda favoritkan tidak tersedia di AppGallery yang disediakan Huawei, sebagai bagian dari akibat sanksi dagang tersebut. Walaupun Huawei sudah menyediakan aplikasi pengganti. 

Kondisi Harmony OS dan AppGallery yang ada sekarang ini merupakan puncak dari upaya perusahaan untuk bisa mengatasi sanksi dagang dari Amerika. Harmony OS benar-benar mampu membantu meremajakan identitas software, walaupun belum banyak membantu keadaan sebenarnya dari masalah yang dihadapi Huawei. OS tersebut masih terjebak dalam lingkaran mengejar ketertinggalan untuk mendapatkan aplikasi utama di perangkatnya. 

Berikut spesifikasi dari Huawei MatePad 11:

  • Harmony OS
  • Panel QHD 120Hz, 10.95 inci 2560×1600 piksel
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865
  • Penyimpanan 64/128/256 GB, slot MicroSD 1TB
  • Berat 485 gram termasuk baterai, 165.3×253.8 mm
  • Baterai 7250mAh
  • Kamera belakang 13MP, LED Flash
  • Kamera depan 8MP
  • Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, USB Type-C 3.0
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend