Review Samsung Galaxy S22 Ultra, Smartphone Untuk Segala Hal

Review Samsung Galaxy S22 Ultra, Smartphone Untuk Segala Hal

NESABAMEDIA.COMJika harus bertaruh, smartphone lipat adalah yang paling diunggulkan untuk masa depan. Saat ini semakin banyak segmen kelas atas yang beralih ke perangkat smartphone lipat, karena pengguna seluler mulai tertarik dengan ide tersebut serta harganya yang terus turun.

Namun saat ini hal itu masih belum tercapai, di mana perangkat smartphone lipat masih memiliki banyak kekurangan, yang tidak perlu dikhawatirkan dengan Samsung Galaxy S22 Ultra. 

Smartphone tersebut bukanlah smartphone lipat, namun bisa melakukan hampir semua hal yang anda inginkan dari perangkat unggulan tahun 2022 ini. Banyak hal telah dibuat pada perangkat ini, mulai dari desain dengan S Pen yang terintegrasi, yang pada dasarnya dengan jelas mematok sebagai smartphone Note dalam banyak hal, kecuali namanya. 

Alasan yang masuk akal dengan menjulukinya sebagai Ultra, karena tampilan yang luar biasa, kinerja yang cepat, susunan kamera yang canggih dan kualitas build terbaik dari iPhone sekalipun. Mahal sudah pasti, tapi untuk pembeli smartphone premium, S22 Ultra mungkin menjadi satu-satunya pilihan yang paling relevan. 

Samsung Galaxy S22 Ulta adalah perangkat smartphone terbaik yang menjalankan Android, namun harga yang dibanderol sangatlah mahal, yang membuat orang berpikir ulang. Berikut spesifikasinya:

  • Penyimpanan : 128, 256, 512, 1024GB
  • CPU : Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
  • Memori : 8, 12GB
  • OS : Android 12 dengan One UI 4.1
  • Baterai : 5,000mAh, pengisian 45W, 15W nirkabel
  • Layar : 6.8 inci, 1400 x 3088, OLED 120Hz
  • Kamera depan : 40MP f/2.2
  • Kamera belakang : 108MP f/1.8, 12MP f/22 ultrawide, 10MP f/2.4 3x telefoto, 10MP f/4.9 10x telefoto
  • Harga : Mulai dari Rp17 jutaan
  • Jaringan : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Bluetooth 5.2, 5G

Kelebihan dari Galaxy S22 Ultra adalah menampilkan kualitas layar kelas atas, terintegrasi dengan S Pen stylus, dukungan pembaruan sistem yang lama, lini kamera yang sangat kuat dan kualitas pabrikan yang fantastis. Sementara itu kekurangan dari smartphone ini adalah ukurannya yang besar, yang hampir membutuhkan dua tangan untuk dioperasikan, harganya yang mahal serta tidak disertai pengisi daya. 

Desain 

Dibandingkan dengan S21 Ultra, perbedaannya tidak terlalu mencolok, termasuk pada bagian modul kamera yang berada di lokasi yang sama, dan ukuran yang nyaris sama. Jadi lebih terlihat perbandingannya adalah jika dikomparasikan dengan Galaxy Note 20 Ultra. Lebih tebal dan jauh terasa peningkatannya. 

S22 Ultra memiliki bagian datar di bagian bawah dan atas, mengingatkan akan desain Sony XZ. Faktanya smartphone ini bisa berdiri, yang memang kurang berguna tapi terlihat sangat rapi. Bagian tersebut menyatu dengan halus ke rel logam yang melapisi sepanjang sisinya. 

Bingkai ‘Aluminium Armor’ sejajar dengan panel kaca, seperti sebuah kurva kontinu yang menghubungkan bagian depan dan belakang. Ada lebih banyak logam dan lebih sedikit kaca dibandingkan dengan Note 20 Ultra, yang membuat transisi lebih halus antara material dan jahitan yang lebih rapat. Ini adalah perangkat yang lebih indah dibandingkan model iPhone Pro terbaru. 

Kinerja

Samsung Galaxy S22 Ultra dikirimkan dengan Android 12 dan One UI 4.1. Jika anda telah melihat One UI 4, tidak ada banyak hal baru yang bisa dilihat. Anda masih akan mendapatkan Material You, dukungan paket ikon, dan beragam peningkatan pada aplikasi dan widget bawaan. 

Smartphone ini bukanlah Note, tetapi memiliki semua fitur S Pen yang sangat terikat dengan Note. Anda bisa meluncurkan aplikasi dari pop-up Air Command, menggunakan masukan tulisan tangan, penyuntingan tangkapan layar tingkat lanjut, menandai dokumen, sampai dengan membuat doodle. 

Samsung menjanjikan smartphone ini pembaruan hingga lima tahun, dan lebih menariknya lagi, empat tahun pembaruan utama dari sistem operasi. Jadi Galaxy S22 Ultra akan mendapatkan Android 13, 14, 15 sampai 16. Dukungan itu bahkan lebih lama dibandingkan smartphone Pixel buatan Google, meski pengiriman pembaruannya tidak secepat produk Google. 

Galaxy S22 Ultra memiliki Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang sama seperti S22 lainnya. Game yang membutuhkan sumber daya besar seperti Genshin Impact dan Fortnite bisa berjalan dengan lancar, seperti berjalan bukan di smartphone, dan anda bisa melakukan pembagian layar tanpa adanya pelambatan. 

Satu-satunya masalah di sini adalah radio nirkabel. Dalam beberapa kasus, terlihat sinyal seluler turun sampai kosong sebelum kembali lagi ke normal, dan Bluetooth terkadang tidak bisa terhubung dengan baik dengan beberapa perangkat. 

Dengan hardware yang sangat kuat, tidak ada salahnya khawatir dengan masa pakai baterai. Tanpa adanya perubahan besar pada pengaturan, smartphone ini bisa bertahan lebih dari 24 jam dengan sekitar 6 jam total layar menyala. Aktivitasnya termasuk mengirimkan pesan, browsing web, bermain game ringan, streaming musik dan video. 

Dalam hal smartphone flagship, smartphone ini sebaik seperti yang bisa didapatkan. Memang ada beberapa produk yang bertahan lebih lama, namun kebanyakan juga tidak sekuat smartphone ini, serta lebih murah. Jika anda ingin sebuah smartphone yang berkinerja setara dengan S22 Ultra, bisa dipastikan itu akan sangat boros baterai. 

Kamera

Galaxy S22 Ultra memiliki lima sensor kamera, empat di belakang dan satu di depan. Tidak ada masalah dengan kamera depan untuk selfie. Sensornya berada di punch hole bagian atas layar, yang menandakan tidak adanya kamera bawah layar, yang juga tidak begitu bermasalah. 

Sejauh ini, kinerja kameranya cukup memuaskan. Hasil tangkapan gambar dari kamera utamanya memiliki detail yang mengesankan dan jangkauan yang dinamis.

Warna-warna yang dihasilkan terlihat mengagumkan dan terasa menonjol tanpa berlebihan. Samsung memang suka memberikan tone yang tersaturasi, yang sangat pas untuk kebutuhan konten media sosial. 

Dua zoom optiknya adalah hal baru di tahun ini. Keduanya merupakan sensor IMX754, di mana yang satu adalah lensa 3x dan satunya lagi lensa periskop lipat 10x. Sensor tersebut merupakan peningkatan dari smartphone tahun sebelumnya, memberikan detail lebih dengan tingkat kecerahannya. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend