7 Rumah Adat Jawa Barat Beserta Ciri Khas dan Gambarnya, Yuk Disimak!

Indonesia terkenal dengan segala kebudayaan dan keramahan penduduknya. Indonesia dikenal dunia sebagai negara yang kaya akan budaya. Indonesia memiliki beragam hal dan tidak dapat dihitung berapa macam kebudayaan dan adat yang dimilikinya. Sehingga hal ini menjadikan Indonesia menjadi negara yang unik dan kaya akan budaya.

Hal ini dapat membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki segala keindahan yang nyata. Kebudayaan merupakan suatu hal yang tidak dapat dibuat secara instant, sehingga butuh waktu lama untuk memunculkan suatu kebuyaan tersebut.

Indonesia sudah memiliki hal tersebut sejak dahulu kala. Nenek moyang kita berjasa dalam pembentukan kebudayaan ini, sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa harus tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia dan masing-masing daerahnya.

7 Rumah Adat Jawa Barat dan Ciri Khasnya

Rumah Adat Jawa Barat dan Ciri Khasnya

Salah satu kebudayaan yang menjadi ciri khas adalah rumah adat. Dimana, rumah adat ini menjadi ikon dasar dari setiap daerah agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat secara luas, bahkan hingga turis baik domestik maupun internasional.

Rumah adat menjadi salah satu bentuk nyata dari kebudayaan yang ada di Indonesia, sehingga setiap daerah akan memiliki bentuk rumah adat yang berbeda. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi negara yang sangat beragam.

Salah satu daerah yang memiliki banyak rumah adat adalah daerah Jawa Barat. Berikut merupakan beberapa rumah adat di daerah Jawa Barat yang dilengkapi dengan ciri khas dari masing-masing rumah adat.

1. Rumah Tagog Anjing

Rumah Adat Jawa Barat Tagog Anjing

Rumah adat tagog anjing sangat mirip dengan rumah adat panggung. Dimana terlihat ada bagian terbuka dibawah lantai. Rumah adat tagog anjing ini jika dilihat hampir mirip dengan kondisi anjing yang sedang duduk. Sehingga rumah tersebut dinamakan rumah tagog anjing.

Bentuk dari bangunan rumah ini adalah persegi dengan atap segitiga yang menyatu dengan rumah. Desain bangunan rumah tagog anjing ini  memiliki ciri khas yang sangat sederhana, dan unik karena desain memanjang ke belakang.

Bagian atap teras dibuat memanjang agar dapat melindungi dari paparan sinar matahari. Jika anda ingin berkunjung ke rumah adat seperti ini, dapat ditemukan di kawasan Garut. Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa hotel menyediakan penginapan dengan model seperti rumah togog anjing ini.

2. Imah Parahu Kumureb

Rumah Adat Parahu Kemureb

Rumah adat imah parahu kumureb ini memiliki ciri khas yaitu berbentuk seperti perahu yang tengkurap. Memiliki bentuk seperti trapesium pada bagian depan dan belakang, sedangkan pada kedua sisi rumah terlihat seperti segitiga sama sisi.

Rumah ini dikenal dengan atap limasan yang digunakan. Hal ini menambah estetik bentuk rumah imah parahu kumureb. Rumah ini banyak ditemui di daerah ciamis. Namun pada daerah sunda, masyarakat jarang menggunakan jenis atap pada rumah imah parahu kumureb karena rawan bocor.

3. Imah Julang Ngapak

Rumah Adat Jawa Barat Julang Ngapak

Rumah adat imah julang ngapak ini memiliki ciri khas yang terbuat dari material bambu sebagai dinding dan penopangnya. Sedangkan untuk bagian atap menggunakan ijuk sebagai atap.

Rumah adat ini terkesan seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya yang lebar. Sehingga desain dari rumah adat imah julang ngapak ini terlihat sederhana dan unik.

Kesan yang ditimbulkan dari rumah ini adalah hunian yang nyaman dan tahan bocor, meskipun menggunakan material bambu dan ijuk. Rumah adat imah julang ngapak ini banyak ditemui di kawasan kuningan dan tasikmalaya. Sehingga anda dapat mengunjungi langsung tempat-tempat rumah adat ini.

4. Imah Badak Heuay

Rumah Adat Badak Heuay

Rumah adat Imah Badak Heuay memiliki ciri khusus yang terletak pada bagian atap rumah. Desain unik rumah ini menggambarkan badak yang sedang menguap. Dimana desain dari rumah Imah Badak Heuhay ini banyak dijumpai di wilayah Sukabumi. Untuk mempertahankan keunikan rumah adat ini, masyarakat masih ada yang mempertahankan desain rumah Imah Badak Heuhay.

Rumah adat Imah Badak Heuhay ini hampir mirip dengan rumah terapung yang memiliki jarak dari lantai ke bawah. Sehingga terlihat ada ruang kosong. Namun, bedanya dengan rumah adat ini adalah rumah adat Imah Badak Heuhay ini menapak di tanah, bukan di air. Sehingga sama seperti rumah pada umumnya yang beralaskan tanah. Rumah adat Imah Badak Heuhay ini mirip dengan badak yang sedang menguap jika dilihat secara detil.

Rumah adat ini masih banyak diterapkan pada area pedesaan di kawasan Sukabumi. Sehingga jika anda menginginkan untuk melihat langsung bagaimana kondisi rumah adat Imah Badak Heuhay ini dapat berkunjung ke wilayah pedesaan di Sukabumi.

Rumah adat ini terlihat unik dan nyaman dijadikan sebagai tempat hunian yang estetik. Rumah adat Imah Badak Heuhay ini masih terbuat dari metrial kayu dengan genting dari tanah liat. Sehingga membuat tempat tinggal semakin nyaman dan unik.

5. Imah Jolopong

Rumah Adat Jolopong

Rumah adat imah jolopong ini memiliki ciri khas yaitu bentuk rumah yang memanjang dan terlihat seperti pelana. Rumah imah jolopong ini tergolong sangat sederhana dan minimalis, karena tidak banyak menampilkan aksen yang bermacam-macam.

Desain rumah juga terlihat lurus dan tidak berbelok-belok. Desain rumah ini banyak dipilih masyarakat karena lebih hemat bangunan dibandingkan jenis rumah lainnya. Sehingga dapat menimbulkan kesan hidup yang minimalis, namun tetap sederhana.

6. Rumah Adat Kasepuhan

Rumah Adat Jawa Barat Kasepuhan Cirebon

Rumah adat kasepuhan ini menandakan adanya sejarah mengenai persebaran Islam di jawa barat, khususnya di cirebon. Rumah adat kasepuhan ini memiliki ciri khas yaitu memiliki pintu gerbang utama yang terlihat seperti jembatan untuk menuju ruang lainnya.

Selain itu, juga terdapat ruang utama yang disebut dengan pancaratna. Pancaratna merupakan pendopo utama yang besar dan luas sekitar 8×8 meter. Bangunan ini sangat mempertahankan nilai estetika dan nilai sejarah yang ada. Sehingga rumah adat kasepuhan ini bisa ditemui di daerah cirebon.

7. Imah Capit Gunting

Rumah Adat Capit Gunting

Rumah imah capit gunting ini memiliki ciri khas yaitu berbentuk seperti capit gunting. Rumah ini memiliki desain persegi yang memanjang ke belakang. Sehingga menghasilkan kesan rumah yang minimalis.

Rumah adat imah capit gunting ini terlihat sederhana karena hanya memiliki ruangan dapus, kamar tidur, ruang tengah dan teras. Meskipun terlihat sederhana, rumah imah capit gunting ini terkesan nyaman untuk hunian sederhana. Rumah adat ini dapat ditemui didaerah tasikmalaya. Tidak hanya dijadikan hunian saja, melainkan desain rumah ini dapat dijadikan sebagai kantor pemerintahan atau instansi lainnya di jawa barat.

Dengan adanya informasi mengenai rumah adat Jawa Barat dan ciri khasnya dapat membuat kita sebagai pembaca lebih mengenal detil bagaimana ciri-ciri khas dari setiap rumah adat yang berada di daerah Jawa Barat.

Hal ini dapat anda jadikan sebagai referensi pengetahuan, agar pengetahuan dan wawasan anda mengenai rumah adat Jawa Barat dapat meningkat dan lebih luas. Dengan adanya hal seperti ini, kita sebagai masyarakat Indonesia akan merasa bangga bahwa negara yang kita miliki adalah negara yang sangat kaya akan budaya dan keragaman rumah adatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend