Samsung Ajukan Paten Smartphone Lipat Tiga Layar

Samsung Ajukan Paten Smartphone Lipat Tiga Layar

NESABAMEDIA.COMSamsung sepertinya berupaya cukup keras dalam mengembangkan varian baru dari perangkat smartphone lipat. Baru-baru ini ada informasi yang menyebutkan bahwa Samsung telah mengajukan paten atas sebuah perangkat smartphone lipat lainnya. 

Dokumen yang terdiri dari 52 halaman itu berjudul “Foldable Electronic Device Including Electronic Pen (Perangkat elektronik lipat dengan pena elektrik)”. Paten itu menjelaskan sebuah perangkat smartphone lipat yang memiliki dua engsel lipatan dan tiga layar. Samsung juga menyebutnya sebagai “Multi-Foldable Device” dalam dokumen pengajuan paten tersebut.

"Desain

Ketika bagian kanan dan kiri layar itu dilipat, keduanya akan berada di bagian atas layar tengah, sehingga pengguna bisa dengan mudah membuka-tutup perangkat tersebut. Namun, Samsung sepertinya tengah mengeksplorasi kemungkinan sebuah foldable phone yang bisa ditekuk ke depan dan ke belakang. 

"Desain

Samsung juga menggambarkan sebuah S Pen magnetis untuk paten smartphone lipat barunya itu. Stylus pen tersebut begitu pas termuat dalam sebuah celah kecil yang ada di antara dua layar lipat itu. Paten tersebut juga mencatat bahwa segera setelah S Pen terpasang di wadahnya, mode pengisian ulang baterai berkecepatan tinggi akan mulai mengisi daya secara nirkabel. 

Namun ketika smartphone tidak benar-benar terlipat sepenuhnya, namun S Pen terpasang di wadahnya, pengisian ulang baterai model standar akan aktif. Ada juga kemungkinan untuk melipat smartphone secara keseluruhan tanpa harus menempatkan S Pen-nya. 

Dokumen paten itu juga menyebutkan adanya dua kamera selfie yang ditempatkan dalam sebuah punch-hole ganda. Sensor sidik jari juga terpasang di dalam layar. Selain itu, Samsung juga menggambarkan sebuah speaker piezoelectric yang diletakkan di bawah layar fleksibel dan sebuah sistem kamera ganda di bagian belakang smartphone. 

Perangkat ini menunjukkan seberapa besar ambisi Samsung terhadap smartphone lipat, namun tidak ada bukti yang kuat apakah Samsung benar-benar akan merilis smartphone itu. Samsung kemungkinan bisa saja hanya menggunakan sebagian dari teknologi yang ada di paten yang telah diajukan itu. 

Adalah hal yang bagus melihat adanya inovasi desain dan teknologi dari smartphone lipat yang dikembangkan Samsung itu, yang di mana bisa menunjukkan bahwa teknologi smartphone lipat tidak benar-benar mati seperti yang ditunjukkan di kebanyakan smartphone lipat yang ada saat ini.

Leave a Reply

Send this to a friend