iPhone 12 vs Samsung Galaxy S21, Mana Yang Lebih Cepat Turun Harga

iPhone 12 vs Samsung Galaxy S21, Mana Yang Lebih Cepat Turun Harga?

NESABAMEDIA.COMSmartphone bukanlah sebuah hal yang bisa dijadikan aset investasi yang layak. Sebab, smartphone bukanlah aset yang jika dijual nantinya akan menghasilkan keuntungan. Adalah sebuah proses yang alami jika smartphone akan menjadi ketinggalan zaman, mengalami degradasi karena pemakaian dan pada akhirnya akan mengalami penurunan harga jual.

Menariknya, beberapa model smartphone akan mengalami penurunan harga jual lebih cepat dibanding yang lainnya. Kini, yang mungkin paling layak untuk diperbandingkan adalah mana yang lebih cepat mengalami penurunan harga jual antara Samsung Galaxy S21 ataukah Apple iPhone 12.

SellCell yang merupakan perusahaan di bidang penjualan smartphone bekas, telah mempublikasikan laporan statistik yang mengungkap bahwa Samsung Galaxy S21 telah mengalami penurunan nilai jual dengan kecepatan yang cukup mengejutkan. Rupanya, jauh lebih menguntungkan untuk membeli iPhone 12, yang keluar beberapa bulan lebih awal dari Galaxy S21.

Hanya dalam kurun waktu satu bulan saja, smartphone Samsung Galaxy S21 telah mengalami penurunan harga jual dari yang sebelumnya hanya 44,8 persen menjadi 57 persen. Dengan periode yang sama, iPhone 12 mengalami penurunan nilai jual sebesar 18 persen, menjadi 33,7 persen. 

Samsung Galaxy S21 5G varian 256GB, mengalami penurunan yang paling besar yakni sebanyak 19 persen. Sementara yang mengalami penurunan nilai jual paling lambat dari jajaran Galaxy S21 adalah varian 128GB yang menurun sebesar 14,9 persen. Jika model ini sekarang dijual di pasar barang bekas, anda hanya akan bisa menjual dengan harga 55 persen dari harga saat anda membeli baru. 

Penurunan Harga Jual Samsung Galaxy S21

Penurunan Harga Jual Samsung Galaxy S21

Salah satu alasan utama mengapa smartphone Samsung lebih cepat mengalami penurunan harga jual adalah karena para pengguna iPhone cenderung lebih loyal ketimbang Android. Para pengguna iPhone tidak begitu terburu-buru untuk berganti perangkat smartphone, seperti yang kerap dilakukan pengguna Android yang sangat antusias untuk mengganti perangkat ketika ada perangkat smartphone seri baru yang diluncurkan. 

Di sisi lain, tingginya permintaan akan perangkat iPhone bekas menjadikannya mengalami penurunan harga jual yang lebih lambat dibandingkan perangkat lainnya. Menariknya, dari hasil survei yang dilakukan, sebanyak 26 persen pengguna Samsung berniat untuk beralih ke perangkat iPhone kedepannya. 

Leave a Reply

Send this to a friend