Layar Smartphone Lipat Samsung Display

Samsung Buat Layar Lipat Untuk Smartphone Google, Oppo dan Xiaomi

NESABAMEDIA.COMGoogle pada tahun 2019 silam telah memberikan konfirmasi bahwa mereka ingin menghadirkan smartphone lipat, dan rumornya semakin menguat dengan kabar soal smartphone Pixel yang bisa dilipat pada tahun lalu. Kini sebuah informasi dari The Elec, melaporkan bahwa Samsung Display tengah membuat sebuah layar lipat yang akan digunakan oleh perangkat smartphone Google. 

Detail informasi memang masih tidak banyak untuk sekarang ini, selain bahwa ukuran dari layar lipat yang diminta oleh Google itu berukuran 7.6 inci. Ini merupakan ukuran layar lipat yang sama yang sebelumnya digunakan untuk Galaxy Z Fold 2. Di sisi lain faktor bentuknya juga lebih identik dibandingkan desain mirip kulit kerang yang ada di Galaxy Z Flip. 

The Elec juga melaporkan bahwa Samsung Display juga sedang membuat layar lipat untuk Oppo dan Xiaomi. Untuk layar yang diminta Oppo disebutkan akan menggunakan desain kulit kerang yang akan melipat dari atas ke bawah. Ukurannya 7.7 inci saat terbuka dan layarnya setebal 1.5 inci sampai 2 inci di bagian luar. Ini akan menjadi layar utama yang jauh lebih besar dibandingkan layar 6.7 inci milik Galaxy Z Flip. 

Sedangkan untuk Xiaomi, disebutkan akan menggunakan layar lipat berukuran 8.03 inci, dengan layar eksternal sebesar 6.38 inci. Dengan kata lain ini juga menunjukan faktor bentuk yang mirip dengan jajaran Galaxy Fold. Tidak jelas apakah ini merupakan smartphone lipat berikutnya dari Xiaomi yang disebutkan memiliki nama sandi Cetus itu. 

Lebih lanjut The Elec menjelaskan bahwa ketiga perangkat smartphone lipat itu akan diluncurkan pada tahun 2021 ini. Hal ini juga mengungkap pada akhirnya ada tiga pabrikan ternama yang masuk dalam pasar smartphone lipat. 

Kabar ini muncul kurang dari sebulan setelah kantor berita Korea Selatan lainnya juga mengungkap bahwa beberapa pabrikan asal Cina, termasuk Oppo dan Vivo tengah bekerjasama dengan Samsung Display untuk bisa menghadirkan smartphone lipat di tahun 2021 ini. 

Bagaimanapun, hal ini juga menunjukkan bahwa Samsung telah menciptakan sebuah keunggulan besar atas rival dengan hadirnya Galaxy Z Flip dan Galaxy Fold. Dan dengan Samsung yang menggembar-gemborkan fitur seperti kaca ultra-tipis, ini akan menjadi perjuangan yang sangat berat bagi pabrikan lain yang ingin mencoba bersaing dengan Samsung. 

Leave a Reply

Send this to a friend