Smartphone Samsung Galaxy S21 MicroSD

Samsung Galaxy S21 Diisukan Tanpa MicroSD, Namun Lebih Hemat Baterai

NESABAMEDIA.COMGalaxy S21 tanpa MicroSD? Banyak sekali bocoran yang terus muncul soal sosok Samsung Galaxy S21 dalam beberapa minggu terakhir. Meski perilisannya tinggal menghitung hari, namun bukan berarti bocoran-bocoran itu dianggap tidak penting. Apalagi jika menyangkut soal spesifikasi atau aksesoris yang ada pada smartphone ini.

Sayangnya, rumor kali ini bukanlah sebuah kabar yang baik bagi sebagian besar pengguna. Bukan soal hardware hebat yang dipakai oleh Samsung Galaxy S21, tapi justru kabar bahwa kemungkinan smartphone ini tidak akan dilengkapi kemampuan untuk menambahkan kapasitas penyimpanan menggunakan MicroSD.

Mungkin jika menengok ke beberapa tahun yang lalu, saat Galaxy S6 diluncurkan, Samsung kala itu juga menghilangkan slot MicroSD di perangkat tersebut. Mereka beranggapan, tanpa microSD pengguna masih bisa mendapatkan kemampuan itu dengan internal storage yang lebih baik. Namun sayangnya, pengguna justru merasa kecewa dengan keputusan Samsung itu. 

Samsung Galaxy S21 Tanpa MicroSD

Samsung Galaxy S21 Tanpa MicroSD

Pada akhirnya, Samsung pun mengembalikan keberadaan slot MicroSD saat meluncurkan smartphone berikutnya, yakni Galaxy S7, dan kemudian tetap menyediakan slot MicroSD di perangkat terbaru selanjutnya. Hingga sekarang. 

Kini, Samsung dikabarkan kembali dengan ide tersebut pada Galaxy S21. Memang sudah banyak kompetitor Samsung yang tidak lagi menyediakan slot MicroSD, seperti iPhone, Google Pixel dan lainnya. Namun keberadaan slot MicroSD itulah yang dianggap penggemarnya sebagai penyelamat Samsung dari serangan para kompetitor itu. 

Jika kabar ini benar, bisa dipastikan ide tanpa MicroSD itu akan dipertahankan Samsung untuk smartphone generasi selanjutnya. 

Galaxy S21 Lebih Irit Baterai

Selain kabar soal penghilangan slot MicroSD, Samsung Galaxy S21 juga hadir dengan kabar lain soal teknologi yang memungkinkan smartphone itu memiliki daya yang lebih baik dan hemat dibandingkan dengan seri lainnya. 

Akun Twitter @TheGalox mengungkapkan bahwa Galaxy S21 dengan chipset Snapdragon 888, memiliki daya baterai yang lebih lama sekitar 15 persen dibandingkan dengan seri yang menggunakan chipset Snapdragon 865 Plus. Bahkan untuk varian yang menggunakan Exynos 2100 disebut lebih hemat 25-35 persen dalam urusan daya tahan baterai dibandingkan Galaxy S20.

Meskipun S20 dan S21 menggunakan kapasitas baterai yang sama, yakni 4,000mAh, optimasi software adalah kunci dari penghematan tersebut. Hal ini juga senada seperti yang telah diklaim oleh Qualcomm sebelumnya, bahwa Snapdragon 888 memiliki teknologi yang anda dalam hal efisiensi daya. Begitu juga dengan Exynos 2100 yang disebut performanya tidak jauh berbeda dengan Snapdragon 888. 

Leave a Reply

Send this to a friend