Galaxy Z Fold

Samsung Hapus Android 12L Taskbar, untuk Launcher Lain

NESABAMEDIA.COM – Samsung telah memberikan fitur terbaru mereka untuk ponsel Samsung Galaxy Z Fold 3, Galaxy tab S8, dan Galaxy Tab S7 mereka dengan dukungan Android 12L Taskbar. Namun, fitur ini dinyatakan tidak dapat berfungsi ketika pengguna menjalankan Launcher pihak ketiga, Selasa (13/09).

Samsung beberapa hari lalu telah memberikan pembaruan mereka dengan sistem Android 12L, yang mana jatuh untuk sejumlah seri ponsel mereka mulai dari Galaxy Tab, hingga Galaxy Z Fold 3. Sejumlah fitur seperti keamanan kembali ditingkatkan, namun fitur terbaru yaitu tampilan taskbar yang berbeda kini bisa digunakan.

Fitur taskbar terbaru di Android 12L membawa tampilan yang jauh lebih menarik, bisa dikatakan menjadi fitur pembaruan yang mirip seperti taskbar yang ada pada sistem operasi Windows 11.

Tampilan taskbar ini akan menampilkan sejumlah pintasan dari aplikasi yang Anda inginkan, selain itu Anda juga diberikan akses untuk mengubah pintasan ini menjadi aplikasi lainnya. Bagaimanapun juga, fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna Android 12L di beberapa perangkat Samsung.

Android 12L Taskbar

Tampilan Android 12L Taskbar

Tentunya tidak bekerja sendiri, ini juga merupakan fitur hasil kerja sama dengan One UI dari Samsung, sehingga memberikan pengalaman dari UI dan UX yang lebih interaktif. Namun, sayangnya fitur ini memiliki aturannya sendiri yang tidak memperbolehkan pengguna untuk menggunakan Launcher pihak ketiga.

Sebenarnya bisa saja, pengguna Samsung Galazy Z Fold 3, Samsung Galaxy Tab S7 dan S8 juga masih bisa menggunakan Launcher pihak ketiga, sebut saja seperti Nova Launcher dan Niagara. Namun, konsekuensi yang harus diterima ialah perangkat akan kehilangan fitur taskbar khas Android 12L selama menggunakan Launcher lain.

Samsung nampaknya memiliki alasan yang masuk akal mengenai fitur ini, di seri Samsung Galaxy Z Fold 4 pengguna masih bisa menggunakan taskbar ini, namun jelang beberapa saat taskbar akan mengalami sejumlah insiden seperti adanya bug, di mana taskbar sering muncul dan tertutup secara otomatis.

Tentu ini merupakan masalah integrasi, sebagai Launcher pihak ketiga tentunya berbeda dengan sistem Samsung One UI yang memang telah mendapatkan integrasi maksimal dari ponsel bawaan. Maka dari itu, keputusan Samsung untuk menghapus taskbar ketika menggunakan Launcher pihak ketiga sudah terbilang tepat.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend