Samsung Jadi Raja Tablet Android Kuartal Kedua 2021

Samsung Jadi Raja Tablet Android Kuartal Kedua 2021

NESABAMEDIA.COMPelanggan yang menginginkan tablet Android kelas flagship tidak memiliki banyak pilihan. Samsung tetap berkomitmen pada segmen ini dengan meluncurkan tablet flagship terbaru setiap tahunnya. Tercatat Samsung telah merilis sebanyak tiga tablet premium selama satu tahun terakhir sebagai bagian dari Galaxy Tab S7. 

Samsung juga memproduksi tablet kelas menengah dan kelas entry. Itu menjadikan Samsung bisa menjangkau pelanggan dengan pasar yang lebih luas. Strategi ini pun terbayarkan, karena Samsung masih kokoh bertengger di posisi puncak sebagai pabrikan tablet Android teratas pada kuartal kedua tahun ini. 

Laporan terbaru dari Strategy Analytics menunjukkan bahwa Samsung telah berhasil menjual sebanyak 8,2 juta unit tablet pada kuartal kedua tahun 2021. Mereka mencatatkan pertumbuhan tahunan sebanyak 18 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020. Keberagaman produk, termasuk Galaxy Tab S7, Tab S7 Plus dan Galaxy Tab S7 FE, membantu Samsung untuk meningkatkan pangsa pasarnya. 

Sementara itu di pihak lain tablet Android Lenovo juga mengalami peningkatan penjualan secara signifikan. Mereka berhasil menjual sebanyak 4,7 juta unit pada kuartal tersebut, ini adalah peningkatan sebesar 67 persen jika dibandingkan pada kuartal kedua tahun 2020. Masalah yang dialami Huawei, menjadikan Lenovo mengisi ruang kosong yang ditinggalkan, khususnya di pasar di luar Cina. 

Amazon kemudian menjadi pabrikan tablet Android yang menduduki peringkat ketiga. Ini utamanya berkat banderol harga yang terjangkau yang mereka terapkan. Penjualan tablet Android buatan Amazon tumbuh sebesar 49 persen secara tahunan dengan penjualan mencapai 4,2 juta unit pada kuartal kedua tahun ini. Amazon pun menguasai sebanyak 9 persen pangsa pasar global. 

Lalu untuk Apple sendiri masih menjadi pemimpin pabrikan tablet secara keseluruhan, terlepas dari sistem operasi yang digunakan. Mereka berhasil menjual sebanyak 15,8 juta unit perangkat tablet pada kuartal kedua tahun 2021. Dengan catatan tersebut, sampai saat ini Apple berhasil menguasai sebanyak 35 persen pangsa pasar perangkat tablet secara global. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend