Lebih Jauh Memahami DirectStorage di Windows 11

Lebih Jauh Memahami DirectStorage di Windows 11

NESABAMEDIA.COMWindows 11 akan segera hadir dengan membawa desain yang segar dan menghilangkan beberapa fitur namun di sisi lain juga menambahkan lebih banyak fitur baru.

Salah satu teknologi yang akan dihadirkan ke sistem operasi terbaru Microsoft itu adalah DirectStorage. Teknologi DirectStorage di Windows 11 menjanjikan waktu pemuatan yang super cepat untuk penyimpanan SSD generasi berikutnya. 

Bagi para pengguna Xbox, mungkin sudah tidak asing dengan istilah DirectStorage, karena teknologi ini lebih dulu hadir di Xbox Series X dan Xbox Series S. Menjadi bagian dari sistem Xbox Velocity Architecture, DirectStorage akan memiliki tugas yang sama seperti di konsol gaming saat diterapkan untuk Windows 11. Tugas utamanya itu adalah memungkinkan data bisa dibaca dan ditulis ke penyimpanan dengan lebih cepat. 

Ini menjadi teknologi utama dalam dunia gaming, dikembangkan sebagai respon dari semakin besarnya ukuran game yang ada saat ini. Semua yang dihadirkan dalam game Open World dan tekstur gambar yang sangat detail harus bisa dimuat ke memori dengan secepat mungkin, dan pendekatan tradisional telah mencapai ambang batasnya. 

Secara teknis DirectStorage menjadi bagian dari spesifikasi DirectX 12 yang mencakup berbagai protokol media. Ini adalah API atau antarmuka pemrograman aplikasi, sebuah alat yang bisa digunakan para pengembang untuk mengakses perangkat keras yang mereka miliki dengan cara tertentu. Dalam hal ini, cara tertentu itu adalah untuk meningkatkan akses disk dan mempercepat waktu pemuatan, baik selama bermain game atau di antara scene.

DirectStorage juga ditujukan secara khusus pada jenis penyimpanan paling modern untuk PC saat ini, yakni NVMe SSD atau Non-Volatile Memory Express Solid-State Drive. Menjelaskan secara detail dari NVMe SSD adalah masalah lain, namun secara singkat adalah bahwa bagian dari NVMe mampu mempercepat komunikasi antara penyimpanan permanen komputer dan seluruh sistem.

DirectStorage dibuat untuk memanfaatkan secara maksimal kemampuan NVMe SSD itu, menghilangkan bottleneck yang mungkin akan terjadi di masa mendatang pada perangkat pengguna. Ini memberikan NVMe SSD cukup ruang kontrol untuk bisa beroperasi secara maksimal atas potensi yang dimiliki. 

Leave a Reply

Send this to a friend