Windows 10 Kini Bisa Pasang WSL Dengan Sebuah Perintah Tunggal

Windows 10 Kini Bisa Pasang WSL Dengan Sebuah Perintah Tunggal

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengatakan bahwa Windows Subsystem for Linux (WSL) kini bisa dipasang di Windows 10 versi 2004 atau yang lebih baru menggunakan sebuah perintah terminal tunggal. 

“Pada build terbaru di kanal Pratinjau Windows Insider, pengguna bisa memasang semua alat dan program yang dibutuhkan untuk menjalankan WSL hanya dengan menjalankan program wsl.exe”, kata Manajer Program Pengembangan Windows, Craig Loewen.

“Kami sangat senang untuk mengumumkan bahwa fungsi ini kini telah resmi di backport ke Windows 10 versi 2004 dan yang lebih baru, di mana akan menjadikan pemasangan WSL di build tersebut jauh lebih mudah,” tambahnya. 

Untuk bisa mendapatkan akses ke fitur baru ini, pengguna harus memperbarui perangkat mereka ke Windows 10 versi 2004 atau yang lebih baru melalui Windows Update atau memasang pembaruan kumulatif pratinjau KB5004296, yang juga hadir dengan perbaikan pada masalah gaming di Windows 10. 

Memasang dan Menggunakan WSL

Jika sebelumnya pengguna harus melewati banyak sekali pemasangan paket dan program serta mengatur beberapa pengaturan sistem operasi, kini pengguna tinggal membuka program Command Prompt atau Cmd dengan akses administrator dan kemudian menjalankan perintah wsl.exe –install.

Ini akan secara otomatis mengaktifkan WSL dan memasang Ubuntu sebagai distro default dan versi kernel Linux WSL terbaru di perangkat. Setelah proses pemasangan selesai, dan perangkat direstart, distro terbaru Ubuntu akan secara otomatis login.

Setelah WSL terpasang, pengguna bisa menjalankan perintah wsl –update untuk memperbarui kernel Linux dan perintah wsl –update rollback untuk beralih ke versi kernel sebelumnya. 

Pengguna juga bisa menggunakan perintah wsl –status untuk meninjau pengaturan WSL yang digunakan, termasuk jenis distro default, dan versi kernel Linux yang sedang terpasang di perangkat. 

WSL sendiri baru diluncurkan pada tahun 2018 dan didesain sebagai lapisan kompatibilitas yang akan memungkinkan pengguna Windows 10 menjalankan binari Linux dalam format ELF secara asli di perangkat mereka, dengan PowerShell atau Command Prompt Windows 10.

Sejak peluncurannya itu, Microsoft juga telah mengumumkan WSL 2 yang meningkatkan kinerja sistem file, mendukung panggilan sistem secara penuh, dan menggunakan teknologi virtualisasi untuk menjalankan kernel Linux secara penuh pada mesin virtual yang ringan. 

Leave a Reply

Send this to a friend