Samsung Permalukan Pabrikan Cina Dalam Perilisan Android 12

Samsung Permalukan Pabrikan Cina Dalam Perilisan Android 12

NESABAMEDIA.COMSetelah Google, Samsung menjadi OEM pertama yang menawarkan pembaruan Android 12 ke pelanggan mereka, dan itu hanya satu bulan setelah perilisan publik OS seluler tersebut.

Samsung pun terus mendahului para rivalnya, yang kebanyakan berasal dari Cina. Menjadi yang pertama sebagai perusahaan selain Google yang mampu mengirimkan Android 12, Samsung pun semakin memperlebar jarak dengan para pesaingnya asal Cina tersebut.

Samsung menjadi pemimpin pada pertengahan November ketika mereka meluncurkan Android 12 dan One UI 4.0 untuk smartphone flagship Galaxy S21 mereka. Kini, mereka menambah daftar smartphone produksinya yang telah mendapatkan Android 12 yakni, Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Z Fold 3.

Di saat yang sama, Samsung juga bersiap untuk meluncurkan Android 12 ke lusinan smartphone dan tablet Galaxy mereka lainnya, yang diperkirakan akan menjadi build publik pertama dalam kurun waktu hitungan bulan saja. 

Banyak brand asal Cina yang mendapatkan popularitas dengan menerapkan strategi persaingan harga yang ketat, bahkan terkadang mendapatkan dukungan subsidi dari pemerintah mereka.

Mengkombinasikan harga murah dengan spesifikasi di atas kertas yang bersaing, menjadi resep kesuksesan banyak brand smartphone asal Cina. Ini utamanya pada industri seluler yang selama ini mengadopsi ide ‘angka yang tinggi berarti produk yang lebih baik’. Misalnya saja jika melihat perang besaran piksel kamera. 

Sangat menggoda sekali untuk membeli smartphone murah dengan spesifikasi yang menarik, daripada flagship Galaxy yang mungkin sedikit lebih mahal, namun hal lain yang masih menjadi kegelisahan saat membeli produk asal Cina adalah masalah penggunaan jangka panjang. 

Di sisi lain, sampai saat ini belum ada pabrikan asal Cina yang merilis versi stabil Android 12 di produk smartphone mereka, dan mungkin masih membutuhkan waktu lama untuk itu. Sedangkan, hubungan Samsung yang sangat dekat dengan Google akhirnya membuahkan hasil, dengan pelanggan mereka yang sangat besar di seluruh dunia. 

Apalagi, pengguna smartphone saat ini lebih pintar daripada sebelumnya, yang menjadi satu dari banyak alasan mengapa pabrikan asal Cina sepertinya gagal untuk mencuri popularitas Samsung. Dan peluncuran Android 12 menjadi satu dari sekian bukti bahwa lebih murah bukan berarti lebih baik. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend