Aplikasi Samsung Visit In Iklan

Samsung Visit In, Bikin Perangkat Galaxy Pengguna Banjir Iklan

NESABAMEDIA.COMPara pengguna perangkat Samsung Galaxy sepertinya akan menemukan lebih banyak iklan di smartphone mereka. Hal ini disebabkan oleh pembaruan terbaru yang baru saja dirilis oleh Samsung, yang menghadirkan aplikasi Visit In. 

Samsung baru saja merilis pembaruan ke smartphone Galaxy, yang dapat menyebabkan pengguna semakin terganggu dengan lebih banyak iklan yang muncul di smartphone mereka. Biang keroknya adalah aplikasi yang bernama Visit In, yang didesain untuk mengirimkan notifikasi kepada pengguna Samsung Galaxy mengenai penawaran terbaru dan voucher.

Awal pekan ini, sebagai bagian dari perilisan aplikasi Visit In itu, sistem Samsung yang bernama IPS Geofencing mendapatkan pembaruan. Komponen ini sebenarnya telah lama diabaikan, dan pengguna pun tidak memahami tujuan dari keberadaan IPS Geofencing itu.

Namun, seperti yang dilaporkan oleh Android Police, tujuan dari keberadaan sistem IPS Geofencing itu pun terungkap, setelah Samsung merilis pembaruan. IPS Geofencing tersebut ternyata menjadi bagian dari fungsi aplikasi Visit In, untuk melacak lokasi pengguna. Kemampuannya pun cukup mengesankan, yakni bisa mendeteksi jika pengguna berada dekat dengan layanan dan toko milik Samsung, yang kemudian mengirimkan iklan relevan.

Visit In sendiri merupakan layanan opsional, namun pembaruan terbaru yang dirilis oleh Samsung membuatnya bisa berjalan di latar belakang, dan pengguna tidak sadar akan hal itu. 

“Smartphone Galaxy Z Fold 2 saya tiba-tiba meminta akses untuk melacak lokasi saya. Tujuannya untuk menawarkan iklan, sehingga mereka bisa menjual lebih banyak produk kepada saya. Padahal sebelumnya banyak pengguna telah mengkritik Samsung karena praktek periklanan yang mereka jalankan. Namun dengan memasang aplikasi di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna dan kemudian mengirimkan notifikasi adalah tindakan yang benar-benar offensive,” ketus salah seorang pengguna.

Sebenarnya pengguna masih bisa mematikan aplikasi Visit In ini agar tidak mendapat kiriman iklan di perangkat mereka. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mengaktifkan mode pengembang di perangkat. 

Mode pengembang ini bisa diaktifkan dengan mengakses halaman Settings → About Device atau About Phone → Software Information → Build Number (ketuk tujuh kali dan masukkan PIN atau password). Nantinya pengguna akan diarahkan ke sejumlah opsi tingkat lanjut, dan disitu bisa mematikan aplikasi Visit In.

Cara lain yang mungkin lebih simpel adalah dengan tidak menyetujui peraturan dan persyaratan di aplikasi Visit In.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend