Kenali Sejarah Bola Basket di Dunia dan Indonesia Beserta Perkembangannya

Olahraga tentunya menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang jika ingin menjaga kesehatan tubuhnya. Selain baik untuk kesehatan melakukan olahraga secara rutin juga bisa menjaga berat tubuh Anda tetap ideal.

Ada banyak sekali jenis olahraga yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu olahraga yang eksistensinya tidak pernah redup adalah bola basket. Bahkan olahraga bola basket sudah ada sejak dulu dan tersebar di seluruh dunia.

Untuk Anda penggemar olahraga bola basket tentunya sudah sering melihat pertandingan bola basket internasional. Dimana kemampuan yang dimiliki oleh pemain bola basket internasional sudah sangat handal. Sehingga bisa menyajikan pertandingan yang sangat menarik untuk dilihat.

Sejarah Bola Basket Dunia

Sejarah Bola Basket DuniaBola basket adalah jenis olahraga yang dilakukan secara berkelompok dimana setiap tim terdiri dari 5 pemain utama dan beberapa pemain cadangan. Olahraga bola basket ini masih saja populer sejak dibuatnya pada tahun 1891 oleh seorang guru olahraga bernama Dr. James Naismith. Dr. James merupakan orang Kanada yang mengajar di Perguruan Tinggi Siswa Profesional YMCA di Springfield, Massachusetts Amerika Serikat.

Inspirasi pembuatan olahraga bola basket di dapat Dr. James ketika ia kebingungan mencari sebuah kegiatan untuk mengisi waktu libur musim dingin di Inggris untuk siswa siswinya waktu itu. Kemudian Dr. James teringat dengan sebuah permainan yang dulu ia mainkan ketika masih kecil dulu yang  bernama Ontario. Dari permainan di masa kecil ini lah kemudian Dr. James menciptakan permainan bola basket.

Permainan bola basket atau basket ball pertama di buat pada tanggal 15 Desember 1981. Pada awalnya Dr. James hanya menempelkan keranjang bekas buah persik di dinding lalu para muridnya disuruh untuk memasukkan bola ke dalamnya. Dulunya olahraga bola basket hanya di gunakan oleh para pria saja. Namun karena wanita juga menyukai olahraga ini maka pada tahun 1892 di buatlah tim olahraga bola basket khusus wanita.

Sedari awal kemunculan olahraga ini sudah banyak yang tertarik untuk mencobanya. Hingga pada tanggal 20 Januari 1892 dibuatlah pertandingan bola basket secara resmi. Pertandingan ini dilakukan di tempat kerja Dr. James. Lalu olahraga bola basket mulai berkembang pesat dan peraturan-peraturan di dalamnya juga di sesuaikan.

Sejarah Bola Basket Dunia Secara LengkapDimana pada awal kemunculan olahraga ini menggunakan pemain dengan jumlah 9 orang dan tidak ada teknik dribble di dalamnya. Namun semenjak bola basket terkenal di Amerika Serikat lalu jumlah pemain di ubah menjadi 5 orang. Setelah pertandingan bola basket yang ada diadakan di kantor Dr. Smith kemudian di tahun 1910 diadakan kembali pertandingan bola basket resmi atas permintaan Presiden Roosevelt.

Di tahun 1920 olahraga bola basket sudah mulai tersebar ke seluruh dunia dan mulai masuk ke sekolah tingkat SMA waktu itu. Selanjutnya di tahun 1932 olahraga bola basket semakin menunjukan eksistensinya dimana pada tahun ini dibuatlah Federasi Bola Basket Internasional. Negara yang masuk ke dalam Federasi ini seperti Italia, Latvia, Yunani, Swiss, Rumania, Portugal, Cekoslowakia, dan Argentina.

Kemudian 4 tahun setelah di bentuknya federasi ini kemudian di buatlah olimpiade bola basket tepatnya di tahun 1936. Lalu di tahun 1946 dibentuklah BAA (Basketball Association of America) yang bertugas untuk membentuk tim basket profesional. Namun tiga tahun setelahnya yaitu tahun 1949 BAA diubah namanya menjadi NBA (National Basketball Association) dan nama NBA bertahan hingga sekarang.

Hebatnya sejak olimpiade pertama di adakan, tim bola basket dari Amerika Serikat selalu mendapatkan kemenangan. Dan sampai sekarang tim basket dari Amerika hanya kalah dalam 3 pertandingan saja. Dari sini bisa diambil kesimpulan jika tim bola basket asal Amerika dimana tempat pertama bola basket di ciptakan tetaplah hebat sejak dulu sampai sekarang.

Sejarah Bola Basket di Indonesia

Sejarah Bola Basket di IndonesiaHingga saat ini pertandingan bola basket tidak hanya diadakan di Amerika Serikat saja namun juga di beberapa belahan dunia lainnya. Seperti Eropa, Amerika Selatan, Lithuania, bahkan sampai ke Indonesia. Beberapa pertandingan bola basket internasional yang sangat terkenal seperti NBA (National Basketball Association) yang ada di Amerika, BBL (British Basketball League) yang ada di Inggris.

Serta IBL (Indonesia Basketball League) yang berlokasi di Indonesia. Ketiga pertandingan bola basket ini memang selalu diadakan setiap tahun dan memiliki penggemar yang terus bertambah hingga sekarang. Berbicara tentang perkembangan bola basket di Indonesia, awal mulanya olahraga satu ini masuk di tahun 1920-an saat perantau dari Negara China datang ke Indonesia.

Memang sebelum masuk ke Indonesia, olahraga bola basket sudah lebih dulu terkenal di Negara China. Ketika para perantau dari China ini datang ke Indonesia kemudian mereka membuat sebuah sekolah khusus bola basket yang di beri nama sekolah Tionghoa. Di sekolah ini setiap siswa dan siswi di ajarkan untuk bermain olahraga bola basket bahkan dibuatkan lapangan bola basket di sekolah tadi.

Kemudian di tahun 1930 sudah banyak kota besar di Indonesia yang membentuk sebuah klub bola basket. Namun perkembangan olahraga bola basket di Indonesia lebih pesat setelah Indonesia merdeka. Dua kota besar di Indonesia yang menjadi cikal bakal perkembangan basket di Indonesia adalah Kota Solo dan Kota Yogyakarta. Di dua kota inilah olahraga bola basket berkembang sangat pesat.

Meskipun belum di sahkan menjadi olahraga resmi di Indonesia namun pertandingan bola basket sudah mulai di adakan pada PON I (Pekan Olahraga Nasional) pertama yang diadakan pada tahun 1948 di Kota Solo. Semenjak itulah banyak orang yang mulai mengenal apa itu olahraga bola basket. Dan di luar dugaan banyak peserta yang antusias untuk bergabung ke dalam tim bola basket ini.

Pekan Olahraga Nasional

Bahkan tidak hanya peserta saja yang semakin bertambah namun penonton bola basket juga semakin meningkat ketika ada pertandingan bola basket di Indonesia. Karena peminat bola basket terus bertambah lalu pada tanggal 23 Oktober Tahun 1951 di bentuklah sebuah asosiasi bola basket yang di beri nama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia.

Nama asosiasi ini tidak bertahan lama karena di tahun 1955 namanya berubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau yang dikenal sampai sekarang sebagai PERBASI. Tidak menunggu waktu lama hanya butuh 2 tahun untuk Perbasi di terima oleh FIBA (The International Basketball Federation) tepatnya di tahun 1953. Lalu di tahun 1954 untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan tim basketnya ke ajang Asian Games Manila.

Di tanggal 3 April 1982 merupakan tanggal penting untuk perkembangan bola basket di Indonesia melalui ajang bergengsi Kobatama (Kompetisi Bola Basket Utama). Dimana Kobatama pertama ini dimenangkan oleh klub bola basket Indonesia Muda Jakarta. Perkembangan bola basket di Indonesia sempat redup selama hampir 30 tahun. Hingga akhirnya DBL (Deteksi Basketball League) diadakan.

Kompetisi ini memang menyajikan pertandingan bola basket sangat bagus sehingga mampu menarik minat banyak orang akan olahraga bola basket. Bahkan setelahnya Kobatama kembali diadakan namun dengan nama NBL (National Basket League). Sedangkan untuk pertandingan basket perempuan diberi nama WNBL (Women’s National Basket League) yang masih diadakan hingga sekarang.

Itu tadi sekelumit info tentang sejarah bola basket di Indonesia maupun dunia. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend