Sejumlah Aplikasi Utama Microsoft Dapatkan Desain Baru di Windows 11

Sejumlah Aplikasi Utama Microsoft Dapatkan Desain Baru di Windows 11

NESABAMEDIA.COMSampai sekarang ini, telah banyak hal mengenai Windows 11 dan Microsoft Store yang baru yang akan dibawa oleh sistem operasi tersebut. Windows 11 menghadirkan Start Menu, Action Center, dan banyak hal baru lainnya. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, beberapa aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft juga akan mendapatkan perubahan tampilan.

Windows 11 seluruhnya adalah soal desain, dan sistem operasi ini mengadopsi Fluent Design yang dibuat Microsoft bersama dengan Mica untuk menawarkan antarmuka yang lebih bersih dengan konsistensi yang lebih baik. Desain tersebut juga membuang ujung jendela yang tajam dan menggantinya dengan ujung membulat untuk menawarkan suasana yang lebih humanis dan bahasa yang lebih bisa dijangkau. Di sisi lain juga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas serta pengalaman multi-tasking.

Menjelang perilisan Windows 11 pada bulan Oktober mendatang, Microsoft sepertinya berencana untuk membawa Fluent Design dan WinUI yang telah di desain ulang ke semua aplikasi utama, termasuk Photos, Paint dan bahkan Notepad. Pada tanggal 24 Juni yang lalu, Microsoft secara resmi memamerkan desain baru untuk Photos, Notepad dan Paint di Windows 11.

Sepertinya, dua aplikasi populer lainnya yakni Calculator dan PowerToys juga akan mendapatkan desain baru. 

Kembali ke tahun 2019, Microsoft membuat pengkodean dari aplikasi Calculator menjadi publik dan merilisnya di GitHub dengan lisensi MIT. Windows Calculator pun kini dikelola secara publik dengan mendengar masukan dari komunitas. Dalam sebuah roadmap yang telah diperbarui yang diunggah ke GitHub, Microsoft mengkonfirmasi bahwa desain yang ada di aplikasi Calculator saat ini, akan diperbarui untuk mengikuti Fluent Design dan WinUI, seperti ujung membulat dan efek transparan. 

Sebagai bagian dari pembaruan besar berikutnya, Microsoft akan menambahkan sebuah halaman Settings baru untuk memasukkan opsi kustomisasi untuk aplikasi. Selain desain baru, Microsoft juga berencana untuk bermigrasi ke kode dasar C#.

Hal yang sama juga dilakukan untuk PowerToys. Aplikasi ini awalnya dirilis untuk Windows 95 dan dibuat ulang untuk Windows 10 dan 11, untuk mengaktifkan fitur tingkat lanjut. Beberapa peralatan baru terus dikembangkan dan Microsoft baru-baru ini menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mengaktifkan mode Always-On.

Dalam thread di GitHub, Microsoft secara resmi juga mengkonfirmasi bahwa PowerToys juga diperbarui dengan kontrol WinUI 2.6 agar sesuai dengan tampilan dan suasana Windows 11. 

“Kami tidak akan mendukung sistem UX ganda. Hal itu menjadi hampir mustahil untuk melakukan pengujian. Aplikasi memiliki beberapa UX yang berbeda setiap waktunya. Kami akan mengadopsi tampilan Windows 11 karena lebih bisa beradaptasi dan fleksibel,” ungkap Microsoft.

Leave a Reply

Send this to a friend