Sejumlah Pabrikan Smartphone Cina Dapatkan Sampel Snapdragon 888 Yang Telah Ditingkatkan

Sejumlah Pabrikan Smartphone Cina Dapatkan Sampel Snapdragon 888 Yang Telah Ditingkatkan

NESABAMEDIA.COMKembali ke bulan Desember tahun lalu, Qualcomm mengungkap keberadaan dari Snapdragon 888. Prosesor ini kemudian menjadi andalan untuk sejumlah smartphone flagship yang dikeluarkan tahun ini. Kini, Qualcomm diketahui sedang mengembangkan versi peningkatan dari prosesor itu dengan kode SM8450. 

Beberapa waktu yang lalu, sebuah kode Qualcomm U baru bernama SM8450 ‘Waipio’ muncul secara online. Prosesor ini terus menarik perhatian banyak pihak dalam industri smartphone. Menurut laporan, prosesor itu akan menjadi penerus dari Snapdragon 888. Lebih lanjut, ada laporan lain yang juga mengungkap bahwa prosesor itu akan dihadirkan pada paruh kedua tahun ini. 

Beberapa hari yang lalu, pembocor populer di akun Weibo, Digital Chat Station mengklaim bahwa beberapa pabrikan smartphone asal Cina telah memiliki sampel dari chip SM8450 itu. Dia mengklaim bahwa progress pengembangan prosesor itu sedikit lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Dari laporan sebelumnya, SM8450 akan dibangun dengan proses fabrikasi 4nm. Mengintegrasikan inti CPU Kryo 780 berbasis teknologi ARM Cortex v9, GPU Adreno 730 dan ISP Spectra 680. Prosesor ini juga akan mendukung empat kanal paket RAM LPDDR5, dan juga terintegrasi dengan baseband 5G Snapdragon X65. 

Selain SM8450, beberapa waktu yang lalu juga muncul sebuah perangkat bernama Qualcomm Lahaina di daftar listing Geekbench. Merujuk pada skor yang didapatkan, inti tunggalnya meraih 1171 poin dan multi-inti-nya mendapatkan 3704 poin. Raihan ini tidak terlalu berbeda dengan Snapdragon 888, namun frekuensi CPU-nya telah ditingkatkan menjadi 3.0GHz untuk inti X1-nya. Sementara inti lainnya tidak mengalami perubahan frekuensi. 

Di kesempatan yang berbeda, CEO Honor Zhao Ming menghadiri event Qualcomm Technology and Cooperation Summit 2021. Dalam pertemuan itu dia mengumumkan bahwa Honor 50 akan hadir dengan Snapdragon 778.

Di saat yang sama, dia juga mengungkap bahwa Honor Magic 3 yang akan datang itu akan memakai prosesor tingkat lanjut terbaru dari Qualcomm. Beberapa laporan juga mengungkap bahwa banyak pabrikan smartphone Cina yang telah menguji coba prosesor Qualcomm Snapdragon 888 Pro. Diyakini, smartphone-smartphone baru itu akan dihadirkan di kuartal ketiga tahun ini.

Leave a Reply

Send this to a friend