• Our Partners:

Sempat Mengundang Kritikan, YouTube Hentikan 4K Premium

YouTube sempat melakukan masa uji coba dengan menghadirkan layanan 4K untuk resolusi tertinggi mereka, di mana layanan ini akan termasuk ke dalam fitur YouTube Premium. Google menerima banyak kritikan negatif mengenai rencana uji coba mereka ini, Rabu (19/10).

Pada awal bulan Oktober ini, YouTube mengadakan sebuah uji coba fitur baru mereka yang mana tidak semua pengguna menemukannya. Fitur ini ialah resolusi 4K yang akan diubah menjadi salah satu layanan YouTube Premium, di mana pengguna YouTube yang ingin mengakses resolusi ini maka harus berlangganan terlebih dahulu.

Memang tidak semua pengguna YouTube mendapatkan uji coba ini, hanya beberapa pengguna saja yang akhirnya merasakan uji coba layanan 4K dari YouTube. Alhasil, pengguna YouTube yang mendapatkan masa uji coba ini akhirnya membagikannya di media sosial seperti Twitter dan Reddit.

YouTube Premium 2

Gambar: SS dari salah satu pengguna YouTube

Ada banyak kritikan yang ditujukan untuk Google sebagai orang tua perusahaan dari YouTube, pengguna YouTube gratis menyatakan tidak sukaan mereka terhadap rencana Google ini. Hal ini karena pengguna YouTube gratis tentu tidak dapat menikmati layanan dengan resolusi video yang tinggi tersebut.

Masalahnya terletak pada perilisan masa uji coba dan resolusi 4K itu sendiri, diketahui bahwa Google telah merilis fitur 4K ini untuk semua pengguna YouTube gratis dan Premium. Keduanya bisa mengakses video dengan resolusi tertinggi yaitu 4K, baik pengguna gratis maupun berbayar.

Namun, pengguna YouTube kebanyakan akhirnya kecewa akan keputusan Google yang mana akan memasukkan resolusi 4K ke dalam fitur Premium. Rasanya tidak begitu baik, mengingat fitur ini telah ada untuk semua penggunanya di luar yang berlangganan.

Jika memang YouTube ingin menghadirkan dukungan 4K untuk pengguna Premium, seharusnya memang dirilis sejak peluncuran pertamanya. Tentu ini mengundang banyak kritikan negatif untuk YouTube, bahkan sempat trending di Twitter.

Menjawab keresahan dari pengguna YouTube, Team YouTube melalui akun Twitter resminya memberikan pernyataan mereka terkait dengan layanan 4K yang sedang melakukan uji coba. Dalam balasan cuitan dari pengguna YouTube, Team YouTube mengatakan bahwa mereka akan membatalkan uji coba ini.

“Kami akan membatalkan uji coba ini, pengguna YouTube kini bisa langsung mengakses resolusi tertinggi 4K tanpa berlangganan akun premium,” tulis YouTube Team.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend