Seperti Apa Microsoft dan Windows 11 di Tahun Depan

Seperti Apa Microsoft dan Windows 11 di Tahun Depan?

NESABAMEDIA.COM2021 bisa dibilang menjadi tahun yang besar bagi Microsoft, dengan perilisan versi Windows terbaru, pengungkapan perangkat laptop flagship Surface, dan ulang tahun ke-20 dari Xbox.

Lalu apakah tahun 2022 kita bisa mengharapkan hal yang sama seperti tahun ini, yang akan menandai sebuah sejarah baru, atau pengumuman besar dari Microsoft?

Microsoft Surface

2022 akan menjadi ulang tahun ke-10 perangkat Surface, yang pertama kali diluncurkan dengan Surface RT pada bulan Oktober 2012 silam.

Secara tidak mengejutkan, Microsoft akan kembali meluncurkan perangkat Surface baru tahun depan, meskipun masih berada di tengah kelangkaan pasokan chipset. Dikabarkan, pada paruh pertama tahun 2022 akan ada sebuah produk Surface baru, kemungkinan itu adalah Surface Laptop Go 2 dengan chipset Intel generasi ke-11. 

Kemudian pada paruh kedua 2022, ada beberapa produk baru lagi lainnya yakni, Surface Pro dan Surface Pro X yang mendapatkan perombakan dengan Intel generasi ke-12 dan chipset Microsoft SQ3. Diharapkan juga akan ada pembaruan pada produk Surface dengan Intel generasi ke-12 dan AMD Rembrandt. 

Windows 11

Sementara itu terkait Windows, Microsoft telah mengatakan sebelumnya bahwa versi berikutnya dari Windows 11 akan mulai dikirimkan pada paruh kedua tahun 2022, yang selaras dengan jadwal perilisan terbaru Windows secara umum.

Dikabarkan bahwa jadwal untuk pengembangan final dari pembaruan versi 22H2 adalah pada bulan Mei 2022, dengan build final diharapkan hadir pada musim panas. 

Versi 22H2 dikatakan memiliki tujuan yang sama dengan Windows 10 versi 1511 yang berfokus pada ‘penyelesaian’ sistem operasi dengan sejumlah fitur dan perubahan yang tidak bisa dihadirkan pada saat perilisan awal. Ini termasuk beberapa fitur perluasan mode gelap yang akan menyentuh antarmuka lawas menjadi lebih modern, dan kembalinya fungsionalitas yang dihilangkan sebelumnya, utamanya yang berkutat di sekitar Taskbar. 

Microsoft juga dikatakan akan memperluas panel Widget dengan sejumlah fitur baru dan dukungan widget pihak ketiga. Sejumlah pengembang juga mengatakan telah mendapatkan penjelasan tentang bagaimana widget pihak ketiga akan bekerja di Windows 11 nantinya.

Pengguna akan bisa mengunduh widget baru dari Microsoft Store, meski aplikasi yang belum dikemas dari luar Microsoft Store juga bisa menyediakan widget mereka juga. Dukungan aplikasi Android juga disebut akan hadir pada versi 22H2. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend