• Our Partners:

Smart Clipboard dan Smart Actions, Fitur Baru di Windows 11

Smart Clipboard dan Smart Actions, Fitur Baru di Windows 11

Pembaruan Windows 11 yang akan segera datang, yang juga dikenal sebagai versi 22H2 atau Sun Valley 2, akan memperkenalkan dukungan untuk Smart Clipboard, yang menawarkan sebuah cara baru dalam menyalin dan menempel konten antar aplikasi. 

Untuk saat ini, yang ada di Windows 11 adalah panel riwayat Clipboard. Ini memungkinkan anda untuk mengelola teks atau media yang disalin, termasuk emoji dan juga file GIF. Dengan Smart Clipboard, Microsoft ingin memasukkan aplikasi juga sebagai konten yang didukung. 

Tidak banyak detail yang bisa dibagikan mengenai fitur tersebut untuk saat ini, namun bisa dipastikan ini tidak akan menjadi bagian dari panel Clipboard yang sudah ada, dan akan memiliki pintasan keyboard sendiri. Selain itu, anda juga bisa mengelola panel Clipboard baru dari halaman Settings. 

Panel Clipboard baru ini akan dibundel dengan fitur lainnya yang terkait yang bernama Smart Actions. 

Dengan Smart Clipboard dan Smart Actions, anda akan bisa untuk menyalin dan menempel konten secara langsung di dalam aplikasi seperti Outlook. Ini akan menjadi salah satu perubahan besar untuk Windows 11. 

Berdasarkan konten yang disalin, Windows 11 akan merekomendasikan aplikasi untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya, jika anda menyalin sebuah alamat email, Windows 11 akan merekomendasikan aplikasi Outlook. Anda bisa mengklik pada tindakan yang disarankan untuk menempelkan konten di aplikasi Outlook. 

Dalam build pratinjau terbaru, ditemukan juga referensi mengenai fitur eksperimental lain yang ditandai dengan:

  • ShowSmartInstallAppRecommendation
  • SmartClipboardBackoffProfile
  • SmartClipboardBackoffThreshold
  • SmartClipboardUX
  • SmartPrint
  • SmartSignalRegistration

Microsoft akan menggunakan teknologi machine learning mereka untuk menyarankan aplikasi berdasarkan tindakan yang dilakukan oleh pengguna. Untuk saat ini, juga tidak jelas kapan fitur ini akan menjalani debutnya, namun ada kemungkinan akan diumumkan saat digelarnya event Microsoft Hybrid Work yang digelar beberapa hari lagi. 

Dalam event tersebut, Microsoft berencana untuk menyediakan beberapa kilasan mengenai masa depan Windows untuk pekerjaan hibrid. Event ini berjudul ‘Windows Powers the Future of Hybrid Work’, jadi sepertinya perusahaan akan membicarakan mengenai fitur Smart Actions di Windows 11. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend