Smartphone Android 2.3 Tidak Lagi Bisa Gunakan Gmail dan Youtube

Smartphone Android 2.3 Tidak Lagi Bisa Gunakan Gmail dan Youtube

NESABAMEDIA.COMGoogle telah mengkonfirmasi rencana untuk memblokir pengguna agar tidak bisa login ke Akun Google mereka di perangkat versi lama, yakni Android 2.3. Ini akan menyebabkan banyak aplikasi populer, dari Google Maps hingga YouTube, tidak akan bisa lagi digunakan di perangkat tersebut. Sementara Whatsapp, telah meninggalkan Android versi lama itu tahun lalu.

Siapa pun yang memiliki smartphone yang diberdayakan oleh Android 2.3 akan terpengaruh oleh perubahan tersebut. Android 2.3 diluncurkan di bawah merek “Gingerbread” ketika Google menggunakan nama makanan penutup untuk setiap iterasi utama Android, yang pertama kali diluncurkan pada Desember 2010.

Google mengatakan bahwa pihaknya menarik dukungan untuk platform tersebut “sebagai bagian dari upaya berkelanjutan, untuk menjaga keamanan pengguna”. Pada Februari 2017, Google sebelumnya juga menangguhkan pembayaran tanpa kontak Google Pay agar tidak bisa digunakan di perangkat yang menjalankan Android 2.3. 

Mulai 27 September ini, Google mengkonfirmasi rencana mereka untuk memblokir semua pengguna agar tidak bisa masuk ke Akun Google.

Saat deadline itu, pengguna yang mencoba masuk ke perangkat Android mereka akan mendapatkan error, dengan pesan kesalahan nama pengguna dan kata sandi, meskipun id dan kata sandi yang dimasukkan sudah benar. 

Pengguna yang mencoba menambahkan Google Kalender atau akun Gmail ke menu pengaturan perangkat juga akan memicu kesalahan yang sama. Sejumlah aplikasi populer buatan Google lainnya yang mengandalkan Akun Google, termasuk YouTube, Google Play Store, Google Maps, Gmail, Google Kalender, dan lainnya, juga akan berhenti berfungsi.

Untuk terus menggunakan aplikasi ini, pengguna harus memutakhirkan smartphone ke Android 3.0. Namun, karena tidak semua perangkat yang menjalankan Android 2.3 dapat melakukan lompatan ke versi sistem operasi berikutnya, beberapa pengguna tidak akan pernah dapat menggunakan aplikasi ini lagi. Jika ada pengguna yang tidak dapat meningkatkan ke perangkat baru, Google memang menawarkan solusi.

Dengan menggunakan browser web di Android, beberapa layanan Google ini masih bisa diakses. Namun, aplikasi akan diblokir secara permanen di smartphone.

Untuk mengetahui versi Android mana yang dijalankan di perangkat, anda dapat dengan mudah memeriksanya dengan menuju ke System > Advanced > System Update.

Beberapa smartphone paling populer yang tetap menggunakan Android 2.3 itu di antaranya termasuk Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Fire, dan Motorola XT532.

Sebagai iterasi utama ketujuh Android, Gingerbread adalah salah satu peluncuran paling ikonik dalam sejarah platform. Itu adalah sistem operasi yang pertama tiba dengan rencana pembaruan tahunan, jadwal rilis yang telah dipegang Google sejak saat itu. Versi terbaru dari sistem operasi, Android 12, akan diluncurkan pada Oktober 2021 di smartphone Pixel milik Google sendiri. Pabrikan lain, seperti OnePlus dan Samsung, akan menyusul.

Leave a Reply

Send this to a friend