Smartphone Android Honor Berikutnya Dipastikan Gunakan Google Mobile Services

Smartphone Honor Berikutnya Dipastikan Gunakan Google Mobile Services

NESABAMEDIA.COMSmartphone Honor berikutnya mungkin akan memberikan alternatif asli untuk daftar smartphone Android yang ada. Sebab, Honor juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menyediakan aplikasi Android secara pra-instal dan Google Mobile Services di seri smartphone flagship mereka berikutnya. 

Sebelumnya, Honor mendapatkan larangan yang sama seperti Huawei yang berarti mereka tidak bisa menggunakan layanan Google Mobile Services secara pra-install di smartphone buatan mereka. Aplikasi yang dimaksud seperti Gmail, Google Play Store, Youtube, Google Maps dan banyak aplikasi Android lainnya.

Kini Honor telah benar-benar berpisah dari Huawei setelah sebuah perjanjian khusus telah dibuat pada awal tahun 2021 ini, yang menjadikan perusahaan itu akan berjalan sendiri tanpa campur tangan Huawei. Dalam sebuah unggahan di akun Twitter resminya, Honor mengkonfirmasi bahwa mereka akan bisa menggunakan Google Mobile Services di perangkat mereka yang akan datang.

Sayangnya, cuitan itu keburu dihapus, namun banyak pihak yang telah berhasil melihat cuitan tersebut. Cuitan itu bukan sebuah cuitan tunggal, namun merupakan jawaban dari salah seorang pengguna yang menanyakan apakah aplikasi Google akan tersedia di perangkat smartphone Honor yang akan datang. Akun Twitter Honor itu kemudian membalas, “Ya!, kami bisa mengkonfirmasinya. Namun ini adalah sebuah kejutan, jangan bilang siapa-siapa”.

Honor pun telah dimintai penjelasan mengenai masalah ini, namun sampai berita ini diturunkan, mereka belum memberikan jawaban. 

Banyak pihak yang berspekulasi bahwa Honor akan beralih kembali ke layanan milik Google sebelumnya. Cuitan itu pun menjadi informasi resmi pertama mengenai jawaban nyata dari spekulasi-spekulasi yang muncul sebelumnya. Dan sangat menyenangkan bisa mendengar bahwa Google Mobile Services bisa benar-benar hadir di perangkat smartphone Honor yang akan datang. 

Google Mobile Services merupakan bagian paling penting dari sebuah perangkat smartphone Android. Terlebih, sebelumnya Honor dan Huawei begitu kesulitan untuk memproduksi sebuah produk smartphone yang menggunakan alternatif dari layanan Google itu. 

Dengan kembalinya Honor pada layanan Google, ini menjadi sebuah catatan besar yang artinya perusahaan telah memiliki perlengkapan yang jauh lebih baik untuk bisa bersaing di pasar global seperti Eropa yang selama ini didominasi OnePlus, Google dan Samsung. 

Leave a Reply

Send this to a friend