CPU Armv9 Cortex Akan Tenagai Smartphone dan PC Generasi Berikutnya

CPU Armv9 Cortex Akan Tenagai Smartphone dan PC Generasi Berikutnya

NESABAMEDIA.COMARM mengumumkan CPU Armv9 Cortex pertama mereka, yang akan membawa peningkatan besar pada perangkat Windows 10 ARM dan juga perangkat lainnya. Chipset ini berbasis pada arsitektur Armv9 yang telah diumumkan pada bulan Maret lalu dan mampu memberikan peningkatan kinerja hingga 30 persen dari pendahulunya. ARM juga menginformasikan bahwa semua inti CPU mobile Cortex-A akan menjadi 64-bit di tahun 2023. 

Strategi ARM yang dikenal selama ini, memiliki tiga pilar penting yakni, meningkatkan kinerja komputasi, memperluas keamanan dan meningkatkan akses pengembang. ARM menyebut CPU Armv9 Cortex yang baru itu sebagai ‘Pondasi Dari Strategi Yang Lebih Luas’.

Prosesor andalan dari lini baru itu adalah Cortex-X2. Chip ini menjanjikan peningkatan kinerja hingga 30 persen dibandingkan dari generasi pertama Cortex-X1 dan bisa digunakan baik di perangkat laptop maupun smartphone. ARM mengklaim bahwa Cortex-X2 mereka mampu memberikan peningkatan kinerja hingga 40 persen daripada silikon laptop pada umumnya, yang secara khusus mengacu pada Intel Core i5-1135G7.

Pabrikan laptop bisa melakukan kombinasi hingga delapan inti Cortex-X2 untuk peningkatan kinerja. Sebagai perbandingan, kebanyakan smartphone yang menggunakan inti Cortex-X1 memiliki sebuah cluster yang berisi tiga inti utama. Memang nama Cortex-X1 kurang begitu akrab di telinga, namun banyak sekali sebenarnya perangkat smartphone flagship yang menggunakannya. Seperti Snapdragon 888 yang dibangun dengan Cortex-X1. 

ARM menjelaskan bahwa Cortex-X2 ini membawa semuanya jauh lebih baik daripada pendahulunya. Dan nantinya akan digunakan baik di perangkat smartphone dan laptop. Mereka juga membahas mengenai meningkatkan permintaan pada perangkat laptop Windows dan Chromebook yang ingin ditenagai oleh chipset mereka. 

“Kami telah melihat momentum besar selama setahun terakhir ini di pasar laptop, baik untuk Windows dan Chrome yang berbasis teknologi ARM. Dorongan untuk kinerja di pasar laptop ini tercermin melalui Cortex-X2, yang mampu memberikan 40 persen peningkatan kinerja single-threaded dibandingkan perangkat laptop mainstream yang dibuat di tahun 2020 lalu”.

Pihaknya juga mengumumkan bahwa Cortex CPU baru itu akan berfokus dalam hal efisiensi. 

Tags:
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend