Microsoft Hadirkan Dukungan Untuk Aplikasi Linux GUI di Windows 10 Akhir Tahun Ini

Microsoft Hadirkan Dukungan Untuk Aplikasi Linux GUI di Windows 10 Akhir Tahun Ini

NESABAMEDIA.COMEvent Microsoft Build 2021 sepertinya tidak memiliki banyak berita yang secara spesifik membahas keberadaan Windows. Namun ada beberapa informasi menarik yang berpotensi dinantikan oleh para pengembang Windows 10, terutama mereka yang ingin menjalankan aplikasi Linux GUI di sistem operasi itu. 

Microsoft telah menjanjikan sebelumnya untuk menghadirkan dukungan pada aplikasi Linux Graphical User Interface (GUI) di Windows 10 kepada para pengguna di rilisan pembaruan berikutnya. Informasi ini diumumkan secara resmi oleh Microsoft di hari pertama event Build 2021

Memang tidak banyak hal baru yang diungkapkan secara khusus terkait pengembangan Windows 10 di acara Build 2021 pekan ini, namun mungkin hal itu memang telah disengaja oleh Microsoft. Mereka dirumorkan tengah berencana menghadirkan event yang khusus untuk Windows pada musim panas ini, yang kemungkinan digelar bulan depan. 

Dalam acara tersebut, diharapkan Microsoft bisa mulai menjelaskan secara lebih detail mengenai perubahan-perubahan yang akan dihadirkan ke Windows 10 dengan pembaruan Sun Valley yang dikabarkan akan merombak tampilan antarmuka sistem operasi tersebut. Microsoft sendiri telah memberikan petunjuk bahwa mereka ingin menjadikan Windows sebagai pusat perhatian tahun ini, sebagai bukti bahwa Windows telah kembali dan Microsoft masih melakukan investasi di platform ini.

Sementara itu Microsoft telah merilis sebuah pratinjau dari aplikasi Linux GUI di Windows Subsystem for Linux (WSL) pada bulan April 2021. Kemampuan baru ini akan memungkinkan para pengembang untuk menggunakan peralatan, fasilitas dan aplikasi Linux yang mereka sukai secara langsung di Windows 10. Dengan dukungan aplikasi GUI ini, pengguna juga bisa menjalankannya untuk melakukan pengujian, pengembangan dan penggunaan sehari-hari tanpa harus membuat mesin virtual terlebih dahulu.

Microsoft mengatakan bahwa aplikasi Linux GUI di WSL ini telah tersedia, namun ini hanya terbatas untuk para pengguna yang telah bergabung di program Insider dengan menjalankan Build Pratinjau versi 21362 atau lebih tinggi. 

WSL kini akan menyediakan dukungan ke sejumlah aplikasi yang bisa mengurangi penggunaan sumber daya GPU di perangkat Windows. Dengan ini, Microsoft mengklaim bahwa pengguna bisa menjalankan AI dan Machine Learning Linux secara langsung di WSL, yang berarti bahwa pengguna bisa menjalankan peralatan Machine Learning yang sama yang mereka gunakan di Linux untuk Windows. 

Leave a Reply

Send this to a friend