Samsung Galaxy Z Fold 3 Tidak Akan Gunakan Tombol Fisik

Samsung Galaxy Z Fold 3 Tidak Akan Gunakan Tombol Fisik

NESABAMEDIA.COMSejumlah rumor merebak mengenai bocoran dan spekulasi dari smartphone lipat Samsung berikutnya yang bernama Galaxy Z Fold 3, yang sebelumnya dikabarkan akan dirilis pada akhir tahun 2021 ini. 

Dalam beberapa pekan terakhir, ada banyak sekali rumor yang menyebutkan bahwa Samsung tengah mengerjakan sebuah smartphone lipat tiga layar. Kini sebuah paten muncul di internet yang mengungkapkan bahwa Samsung Galaxy Z Fold 3 mungkin tidak akan menggunakan sama sekali tombol fisik. 

Samsung telah mendapatkan paten dari World Intellectual Property Organisation yang bernama Galaxy Z Fold Squeeze Gesture. Laporan itu juga menyebutkan bahwa gestur ini akan didesain untuk menggantikan tombol fisik di smartphone. Nantinya pengguna juga akan bisa melakukan kustomisasi dan mengatur tombol serta gestur tersebut sesuai selera. 

Selain itu dijelaskan pula dalam paten tersebut bahwa dengan menggunakan tombol fisik di setiap ujung smartphone lipat, justru akan membuat bingung pengguna. Pengajuan paten itu mengklaim bahwa Samsung berniat untuk membuang tombol fisik dan menggantinya dengan pengaturan gestur. Fungsi gestur itu terdiri dari sentuhan dan geser. 

Contoh penerapan dari gestur itu adalah, dengan sekali tap dalam posisi smartphone terlipat, maka akan menyalakan smartphone tersebut. Sementara dengan menggeser kebawah atau keatas, memiliki fungsi untuk mengatur volume suara. Dengan kontrol yang bisa dikustomisasi sendiri, makan pengaturan kecerahan layar akan jadi lebih baik.

Sebelumnya juga dikabarkan bahwa Samsung telah mengajukan sebuah paten lain. Paten ini menjelaskan mengenai penggunaan tombol virtual yang ada di perangkat smartphone lipat Samsung nantinya. Dari sini, bisa terlihat dengan sangat jelas bahwa Samsung memang tengah berupaya mencari jalan dan alternatif untuk menghilangkan secara penuh kebutuhan akan tombol fisik di smartphone lipat mereka yang akan datang. 

Tentunya, jika hal itu nantinya benar-benar terwujud, maka akan menjadi sebuah inovasi yang benar-benar menjadikan perangkat smartphone semakin canggih, dan cenderung menggunakan perlengkapan virtual ketimbang perlengkapan fisik yang tradisional. Sangat menarik untuk menunggu seperti apa paten-paten itu nantinya akan diterapkan oleh Samsung di perangkat smartphone mereka. 

Leave a Reply

Send this to a friend