Smartphone Apple iPhone 12

Smartphone iPhone 12 Jadi Mimpi Buruk Samsung dan Google

NESABAMEDIA.COMDalam beberapa hari belakangan, kabar soal smartphone iPhone 12 semakin ramai diperbincangkan banyak pihak. Kehadiran iPhone 12 seperti dinanti-nanti banyak orang dan dianggap telah mengalahkan kabar rilisan smartphone lainnya. Terlebih, dalam sebuah uji coba, teknologi yang ada di iPhone 12 bisa menghancurkan kompetisi yang ada.

Seorang Youtube bernama Filip Koroy yang kerap melakukan review terhadap produk-produk smartphone, mengatakan bahwa iPhone 12 menawarkan peningkatan performa yang belum bisa ditemukan di benchmark smartphone manapun, bahkan pada produk milik Apple sendiri.

Faktanya, iPhone 12 tidak hanya mengungguli smartphone milik Apple sebelumnya, namun juga merontokkan keunggulan yang selama ini dimiliki smartphone Android yakni, multitasking. 

Dalam test tersebut, Filip membuka banyak aplikasi besar secara bersamaan di iPhone 12. Hasilnya, smartphone tersebut mampu membuka seluruh aplikasi hanya dalam waktu 2 menit 49 detik. Padahal, smartphone iPhone sebelumnya maupun smartphone Android lainnya, rata-rata membutuhkan waktu hingga 4 menit. 

Menurut Filip, hal ini tak lain berkat kemampuan dari prosesor A14 Bionic yang disematkan di iPhone 12. Ditambah lagi dengan penggunaan RAM sebesar 6GB, sehingga perangkat bisa menyimpan semua aplikasi dalam memori tanpa harus melakukan pemuatan ulang. 

Sebelumnya, Apple selalu menggunakan RAM sebesar 2GB hingga 4GB saja untuk produk-produk smartphone mereka. Sehingga smartphone iPhone selalu kalah bersaing dengan smartphone Android dalam hal waktu pemuatan aplikasi, karena memorinya tidak cukup menampung banyak aplikasi. 

Padahal sebenarnya chipset yang digunakan oleh smartphone Apple memiliki performa yang lebih baik dari chipset yang digunakan oleh smartphone Android. Contohnya adalah Samsung Galaxy Note 20 yang susah payah menandingi kecepatan pemrosesan data iPhone 11 Pro. Jadi bisa dikatakan bahwa selama ini kompetisi dalam hal performa berkutat pada kecepatan perangkat dalam melakukan peralihan antar aplikasi. 

Hal ini bisa menjadi kabar buruk bagi Samsung dan Google, khususnya dalam masalah harga produk. Pada kelas premium, Samsung Galaxy S20 dan Note 20 Ultra harganya sudah terlanjur lebih mahal daripada iPhone 12 Pro Max, dan sekarang jelas-jelas smartphone ini lebih superior. Sementara, Google menaruh resiko yang lebih besar dengan memasang chipset berperforma rendah pada Pixel 5 dan kini keberadaan A14 Bionic di iPhone 12 akan dengan mudah melibasnya. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend