Fitur Apple iPhone 12 Rilis

Ini 5 Fitur iPhone 12 Yang Tidak Ada di Smartphone Android

NESABAMEDIA.COMiPhone 12 telah diungkap ke publik awal bulan ini oleh Apple. iPhone 12 menjadi lini smartphone pertama milik Apple yang hadir dengan 4 model berbeda. Kameranya telah ditingkatkan, menggunakan chipset baru, mendukung teknologi 5G, dan banyak lagi yang lainnya. 

Faktanya, pengguna Android dibuat cemburu dengan kehadiran iPhone 12 ini. Sebab, iPhone 12 memiliki sejumlah fitur yang tidak ditemukan pada smartphone Android kelas flagship sekalipun. Apa saja?

Ceramic Shield

Ceramic shield merupakan teknologi perlindungan layar terbaru yang dibuat oleh Apple dan bekerjasama dengan Corning. Meski smartphone Android telah didukung oleh teknologi Gorilla Glass Victus, namun Apple yang bekerjasama dengan Corning menciptakan teknologi perlindungan baru yang berbeda, dan diklaim lebih baik daripada Gorilla. 

Pihak Apple menyebut Ceramic Shield jauh lebih kuat daripada pelindung layar manapun. Corning dan Apple telah ‘menyuntikkan’ keramik kristal berukuran nano untuk meningkatkan kekuatannya. Hasilnya, Apple mengatakan bahwa iPhone 12 akan empat kali lebih kuat bertahan dari jatuh yang tidak disengaja.

Magsafe

Mungkin smartphone Android telah mendukung teknologi wireless charging sudah sejak lama, dan Apple terkesan lambat untuk terjun dalam teknologi ini. Namun kini, teknologi wireless charging sudah tersedia di produk smartphone Apple terbaru dan menariknya, perusahaan menambahkan peningkatan yang berbeda.

Magsafe, menjadi teknologi wireless charging tingkat lanjut yang dimiliki Apple. Magsafe mampu memastikan pengguna untuk melakukan pengisian daya baterai secara wireless dan tanpa harus sejajar dengan charger, sehingga pengguna bisa bebas melakukan pengisian baterai sambil memainkan perangkat iPhone 12 itu. 

A14 Bionic

Jika rata-rata smartphone Android didukung oleh chipset milik Qualcomm, Apple mendesain sendiri prosesor mereka. Dengan demikian, Apple bisa membuat prosesor yang memang sesuai dengan peruntukan ponsel mereka, ketimbang menggunakan prosesor bertipe universal satu untuk semua. 

iPhone 12 menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor 5 nanometer. Dengan kata lain, seluruh komponen disatukan menjadi satu bagian berukuran sangat kecil, sehingga data yang dikirim bisa dilakukan dengan sedikit energi dan jarak. Hasilnya, daya baterai yang dibutuhkan menjadi lebih hemat, dan pengiriman data menjadi jauh lebih cepat. 

Apple mengklaim bahwa A14 Bionic 50 persen jauh lebih baik ketimbang prosesor yang ada di kelasnya. Termasuk adanya 16 core Neural Engine yang didesain untuk bisa bersinergi dengan teknologi AI dalam menjalankan task yang ada. 

Smart Data Mode

Teknologi 5G memang sebuah teknologi masa depan, yang mampu mentransfer data dengan sangat cepat. Namun di sisi lain, 5G begitu boros pada baterai. Banyak pabrikan smartphone Android akhirnya memilih menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar untuk menyiasatinya.

Akan tetapi, Apple mencari jalan yang berbeda. Alih-alih menggunakan baterai dengan kapasitas besar, mereka memilih untuk menggunakan fitur Smart Data Mode. Fitur ini akan secara otomatis mengatur penggunaan jaringan, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jadi semisal pengguna hanya ingin membuka email, maka jaringan akan diatur menggunakan jaringan 4G. Apabila menonton film atau mengunduh aplikasi, maka sistem akan memilih menggunakan jaringan 5G

Dolby Vision

iPhone 12 juga menjadi smartphone pertama yang mendukung teknologi Dolby Vision HDR Footage. Pengguna bisa mengambil video dengan frame rate sebesar 60fps, daripada 24fps seperti yang ada di kebanyakan smartphone Android. 

Fitur Dolby Vision yang ada di iPhone 12 ini juga akan bekerja saat video sedang diedit, sehingga pemrosesannya jauh lebih cepat. Nantinya, aplikasi editing video milik Apple, Final Cut juga akan ditingkatkan agar bisa mendukung Dolby Vision. 

Leave a Reply

Send this to a friend