Sony Blokir Akun Pengguna Playstation 5 Plus

Sony Blokir Banyak Akun Pengguna PS5 Karena Jualan Playstation Plus

NESABAMEDIA.COMSalah satu keuntungan terbaik dari memiliki akun Playstation 5 adalah adanya akses ke layanan koleksi Playstation Plus milik Sony. Layanan ini merupakan kumpulan dari beragam judul game PS4 paling populer yang bisa dimainkan oleh pemilik akun Playstation 5 secara gratis.

Beberapa judul game itu diantaranya, Final Fantasy 15, God of War, hingga Monster Hunter World. Sehingga akses ke layanan Playstation Plus untuk PS5 hanyalah salah satu alasan utama pengguna beralih ke konsol terbaru buatan Sony itu.

Sayangnya baru-baru ini ditemukan celah yang memungkinkan pengguna PS4 untuk memainkan koleksi Playstation 5 untuk digunakan di konsol mereka. Hal ini memang melanggar peraturan dan kebijakan dari Sony. Dan tampaknya, eksploitasi akan celah ini diketahui oleh pihak Sony, dan kemudian memutuskan untuk memblokir akun Playstation 5 yang memanfaatkannya.

Dilaporkan bahwa pemilik akun konsol Playstation 5 menjual akses koleksi Playstation Plus ke pengguna lainnya. Dengan harga tertentu, pengguna PS4 bisa menebusnya, untuk kemudian dimainkan di perangkat konsol mereka. Sehingga mereka bisa memainkan game gratis dan populer yang sebenarnya ditujukan khusus untuk pengguna PS5. 

Sony yang menemukan celah dan eksploitasi ini, mulai melakukan pemblokiran. Pengguna PS4 yang kedapatan membeli akses Playstation Plus, akan diblokir hingga dua bulan. Sementara pemilik akun PS5 yang menjual akses Playstation Plus, akan diblokir untuk waktu yang tidak bisa ditentukan (sepertinya untuk selamanya). 

Dalam hal ini, pihak Sony akan mendeteksi aktivitas mencurigakan, seperti satu akun yang digunakan oleh banyak pengguna dalam satu hari, dan secara otomatis akan melakukan pemblokiran. 

Lalu bagaimana dengan pengguna yang memiliki kedua akun baik PS4 dan PS5?

Untungnya, sistem deteksi Sony itu masih bisa mengetahuinya. Jadi secara teori pemilik akun PS4 dan PS5 akan aman dari pemblokiran. Namun tetap saja, pengguna disarankan untuk berhati-hati dalam mengelola akun mereka, jangan sampai dibagikan ke pengguna lain, meskipun dalam artian tidak akan menjualnya, hanya sekedar berbagi dengan rekan. 

Namun sejauh ini pihak Sony tidak memberikan informasi lebih detail tentang kebijakan pemblokiran ini. Mereka justru menginformasikan bahwa saat ini sedang berupaya melakukan ekspansi lebih luas dari layanan Playstation Plus dan Playstation Now. 

Leave a Reply

Send this to a friend