Spotify In-App Offers Podcast Ads

Spotify In-App Offers Bisa Jadi Tambahan Income Podcaster

NESABAMEDIA.COMSpotify, brand terkenal dalam layanan streaming suara bakal memperbolehkan para konten kreator untuk menyisipkan iklan dalam konten podcast mereka. Pihaknya mengatakan bahwa saat ini sedang melakukan tahap testing pada sebuah fitur baru mereka bernama “In-App Offers”. Nantinya para konten kreator bisa menaruh link atau iklan yang di embed pada podcast mereka, sehingga para pendengarnya bisa mengunjungi halaman iklan yang ditayangkan.

Fitur ini menjadi langkah awal Spotify untuk menerapkan iklan interaktif pada aplikasi mereka. Pihak perusahaan sedang mencari strategi untuk menciptakan konektifitas langsung dengan pemilik brand, melalui layanan siaran suara mereka. Seperti mengarahkan para pengguna Spotify ke situs brand pengiklan melalui kode singkat yang dipasang oleh konten kreator.

Tahap uji coba pertama fitur Spotify In-App Offers ini sudah dilakukan secara bertahap sejak Januari silam. Tahap uji coba dilakukan di negara tertentu secara terbatas seperti di Amerika dan Jerman. 

Pihaknya mengatakan dalam Spotify In-App Offers itu perusahaan menggunakan teknologi Streaming Ad Insertion (SAI). Teknologi tersebut memungkinkan iklan bisa ditujukan kepada pendengar tertentu sesuai dengan klasifikasi demografis masing-masing. Saat ini perusahaan tengah fokus dalam melakukan perluasan jangkauan teknologi di wilayah Amerika dan Jerman terlebih dahulu. Para konten kreator yang berhak mendapatkan fitur eksklusif itu juga sangat terbatas.

Di Indonesia sendiri kepopuleran Spotify memang terus mengalami peningkatan, jika melihat trend para pengguna dari waktu ke waktu. Hal ini seiring juga dengan meningkatnya minat para pengguna terhadap konten semacam podcast yang lebih dulu hadir di platform seperti Youtube dan Facebook live streaming. 

Rupanya peningkatan tren untuk pengguna di Indonesia ini bisa dipahami dengan baik oleh Spotify. Beberapa waktu lalu, pihaknya mengumumkan telah melakukan kerjasama kontrak eksklusif dengan sejumlah podcaster terkenal di Indonesia. 

Setidaknya ada sembilan podcaster yang dikontrak untuk membuat konten podcast di layanan aplikasi Spotify. Di antaranya ada nama seperti Destanya Siapa, Makna Talk, BKR Brothers, DariTadi Yu Ya Yukk, Rintik Sedu, Malam Kliwon, Kinosgina, Thirty Days of Lunch, dan Teman Tidur.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend