Task Manager Windows 10 Akan Diintegrasikan Dengan Browser Edge

Task Manager Windows 10 Akan Diintegrasikan Dengan Browser Edge

NESABAMEDIA.COMSelama ini, saat menggunakan Task Manager maka pengguna akan menemukan daftar yang panjang terkait proses yang dilakukan oleh browser web. Seperti Google Chrome dan browser modern lainnya, Microsoft Edge juga menerapkan arsitektur multi proses, yang menghasilkan banyak sekali proses dalam penggunaanya.

Dalam sebuah arsitektur multiproses, Microsoft membagi dan mengisolasi proses browser untuk keamanan dan keandalan yang lebih baik. Misalnya, jika sebuah ekstensi mengalami error atau halaman web tidak memberikan respon, maka tab dan fitur lainnya tetap tidak akan ikut terdampak.

Selain dalam hal kinerja, arsitektur multi proses memastikan bahwa browser tetap aman dan pelaku peretasan tidak bisa mengambil alih seluruh perangkat. Namun masalah dengan pendekatan semacam ini adalah pengguna tidak memahami apa yang menggunakan sumber daya browser mereka.

Hal ini tentu akan membuat frustasi dan Microsoft berencana untuk meningkatkan aspek ini dalam Task Manager Windows lewat pembaruan Sun Valley yang akan datang. Di versi Windows 10 berikutnya, pengguna akan bisa lebih baik dalam memahami kemana sumber daya browser digunakan dan mengetahui bagian mana yang paling memberikan dampak ketika pengguna menghadapi masalah kinerja.

Menariknya, fitur ini hanya tersedia secara eksklusif untuk browser Microsoft Edge saja, dan tidak diketahui dengan pasti apakah Microsoft akan menyediakan fitur ini ke semua browser berbasis Chromium lainnya.

Task Manager Baru Untuk Browser Edge

Task Manager Baru Untuk Browser Edge

Seperti yang terlihat dalam tangkapan gambar di atas, pengguna akan bisa melihat lebih detail mengenai proses yang berjalan di browser yang digunakan. Misalnya, pengguna bisa melihat proses browser, proses GPU, proses crashpad, utility atau plugin, proses ekstensi dan juga nama dari layanan yang berjalan.

Situs web, tab dan subframe juga akan muncul di Task Manager di bawah nama situs yang sedang dibuka.

Untuk beberapa proses tertentu, pengguna akan melihat sebuah anak panah yang memungkinkan pengguna untuk memperluas proses utama, sehingga pengguna bisa melihat item lainnya yang dibagi dalam proses tersebut. Hanya penggunaan total dari proses utama yang akan ditampilkan dan kolom lainnya akan tetap kosong.

Pengguna juga bisa melihat beberapa versi dari layanan khusus yang bekerja. Jika pengguna mematikan proses ini secara manual, fungsi yang ada di tab mungkin akan terganggu.

Fitur ini dijadwalkan untuk hadir pada akhir tahun ini, dan akan sangat membantu jika pengguna bisa memahami mengapa browser memakai banyak sekali sumber daya perangkat saat digunakan.

Leave a Reply

Send this to a friend