Tata Cara Sholat Taubat : Niat, Bacaan, Waktu Sholat dan Keutamaan Sholat Taubat

Arti kata taubat secara bahasa ialah kembali, sedangkan arti taubat secara istilah ialah kembali kepada syariat yang tetapkan oleh Allah SWT. Taubat bisa dilakukan dengan mengakui segala kesalahan yang pernah diperbuat dan menyesal telah melakukan perbuatan tersebut, serta harus bertekad tidak akan pernah melakukan kesalahan yang sama lagi.

Setiap manusia pasti tidak luput dari perbuatan dosa. Karena Allah SWT sebagai pencipta alam semesta beserta isinya mempunyai sifat Maha Penyayang dan Maha Pengasih maka jika ummatnya ingin bertaubat dengan sungguh-sungguh Allah SWT akan menerimanya kembali.

Sholat sunnah taubat merupakan sebagai bentuk serius bahwa seorang hamba Allah ingin bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Tata Cara Sholat Taubat

Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara pelaksanaan sholattaubat tidak jauh berbeda dengan sholat fardhu maupun sholat sunnah lainnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan yaitu di niat, bacaan, serta waktu pengerjaannya. Sholat taubat ada yang 2 rakaat, 4 rakaat dan 6 rakaat.

Syarat yang harus dipenuhi sebelum dikerjakannya sholat taubat sama dengan sholat fardhu. Berikut ini adalah tata cara sholat taubat :

  1. Membaca niat
  2. Takbiratul ihram kemudian melipat tangan di bawah dada atau di perut (rakaat pertama)
  3. Membaca iftitaf (sunnah)
  4. Membaca Al-Fatihah
  5. Membaca ayat Al-Qur’an
  6. Melakukan rukuk dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  7. Bangkit dari rukuk (I’tidal) dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  8. Sujud dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  9. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah dan membaca doanya
  11. Berdiri kemudian melipat tangan lagi (rakaat kedua)
  12. Membaca Al-Fatihah
  13. Membaca ayat Al-Qur’an
  14. Melakukan rukuk dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  15. Bangkit dari rukuk (I’tidal) dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  16. Sujud dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  17. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah lalu membaca doanya
  19. Tasyahud akhir
  20. Diakhiri salam

Setelah sholat taubat berdzikir dan berdoalah meminta ampun atas segala perbuatan dosa yang pernah dilakukan, berserah diri kepada Allah, akuilah segala perbuatan dosa itu, dan berjanji dengan hati yang bersungguh-sungguh tidak akan pernah melakukan kesalahan yang sama lagi.

Lafazh Niat Sholat Taubat

Para ulama berpendapat bahwa niat itu harus ditanamkan dalam hati. Oleh karena itu, syarat melafalkan niat dari mulut bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini berlaku untuk segala niat yang biasa kita lakukan dalam setiap aktivitasnya.

Akan tetapi menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili memiliki pandangan bahwa Sebagian besar ulama terkecuali mazhab Maliki memang menyetujui niat haruslah di lafalkan dari mulut dengan suara pelan karena hukum niat ialah sunnah saat kita menanamkan niat tersebut di hati.

Sedangkan menurut mazhab Maliki suatu niat itu harus tidaklah harus di lafalkan karena hal tersebut tidak ada pada kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Bacaan niat sholat taubat:

Niat Sholat Taubat

Bacaan Do’a Sholat Taubat

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha, beristigfarlah, berserah diri kepada Allah dan mohonkanlah ampunan atas dosa-dosa selama ini.

Adapun beberapa doa yang bisa dibaca setelah sholat taubat ialah:

1. Do’a Sayyidul Istighfar

Do’a ini merupakan istighfar yang paling baik dan mulia. Bacalah do’a ini dengan mengharapkan ampunan dari Allah atas dosa yang pernah diperbuat dan berharap agar diterima taubat kita.

Berikut ini adalah bacaan do’a sayyidul istighfar:

Doa sayyidul istighfar

2. Do’a Istighfar Nabi Adam

Membaca do’a istighfar yang pernah dibaca oleh Nabi Adam dan Hawa dalam sholat taubat saat mereka melanggar perintah Allah.

Berikut ini adalah bacaan do’anya:

Tata Cara Sholat Taubat - Doa istighfar Nabi Adam

3.Do’a Istighfar dari Rasulullah

Bacaan do’a ini dikatakan do’a istighfar Rasulullah dikarenakan beliau selalu membaca doa’a ini ketika melakukan sholat taubat dan membacakannya ketika dalam majelis.

Berikut ini adalah bacaan do’anya:

Tata Cara Sholat Taubat - Doa istighfar Rasulullah

Waktu Sholat Taubat

Pengerjaan sholat taubat nasuha bisa dilakukan kapanpun itu berbeda dengan pengerjaan waktu sholat fardhu yang telah ditetapkan waktunya.

Brdasarkan pandangan para ulama, pengerjaan sholat taubat lebih baik di sepertiga malam terakhir sama seperti pengerjaan sholat tahajjud.

Namun shoat taubat tidaklah mesti dikerjakan pada malam hari bisa juga dikerjakan di siang hari. Tetapi tidak disemua waktu boleh dikerjakan juga. Ada beberapa waktu yang tidak diperbolehkan mengerjakan waktu sholat taubat yaitu:

  1. Mulai terbitnya fajar sampai terbitnya matahari
  2. Ketika matahari terbit sampai naik sepenggalan
  3. Saat matahari terlihat berada persis di tengah sampai terlihat condong
  4. Antara waktu sholat ashar hingga matahari terbenam
  5. Saat matahari mulai terbenam sampai benar-banar terbenam seluruhnya

Keutamaan Sholat Taubat

Sesungguhnya Allah sangat menyukai orang-orang yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh. Dalam surah At-Tahrim ayat 8 menjelaskan bahwa “Orang-orang yang bertaubat kepada Allah yaitu dengan taubatan nasuha (yaitu taubat yang sungguh-sungguh). Mudah-mudahan Allah akan menutupi segala kesalahan atau dosamu dan Allah akan memasukkanmu kedalam Jannahnya yang dibawahnya mengalir sungai”.

Firman Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah 2:22 menjelaskan bahwa “Sesungguhnya Allah sangat menyukai hambanya yang bertaubat dan yang mensucikan dirinya dari perbuatan dosa/maksiat”

Tujuan dari sholat taubat ialah memohon ampun kedapa Allah ats segala dosa yang pernah dilakukan baik itu dosa besar maupun dosa kecil. Manfaat dari sholat taubat ialah untuk menghapus dosa-dosa kita.

Rugilah bagi mereka yang telah melakukan dosa tetapi tidak mau bertaubat dan meminta ampunan atas dosa-dosanya. Maka niscaya di akhirat nanti akan ada rasa penyesalan.

Selain mendapat ampunan dan mengharapkan dosa tersebut dihapus, dengan mengerjakan sholat taubat ada banyak manfaat lain yang akan kita dapatkan yaitu:

  1. Diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT
  2. Masuk ke dalam surganya Alah SWT
  3. Disenangi dan dicintai oleh Allah karena bertaubat
  4. Akan di do’akan oleh para malikatsholatsho

Itulah penjelasan tentang tata cara sholat taubat lengkap mulai dari niat, bacaan, waktu pengerjaan sholat sampai dengan keutamaan sholat taubat. Semoga artikel diatas bermanfaat dan mudah diterapkan!

Leave a Reply

Send this to a friend