8 Tujuan Permainan Sepak Bola yang Perlu Diketahui, Yuk Disimak!

Sepak bola adalah permainan yang paling populer di dunia. Hampir setiap pertandingan sepak bola tingkat internasional berhasil menguasai siaran televisi nasional. Hal ini karena banyaknya penggemar sepak bola di Indonesia .

Mayoritas penggemar sepak bola adalah kaum lelaki. Nah, apabila kamu salah satunya, kamu harus tahu apa saja tujuan permainan sepak bola. Langsung saja, berikut ini 8 tujuan permainan sepak bola.

8 Tujuan Permainan Sepak Bola

1. Mencetak Gol

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan utama dari permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya. Hanya dengan meraih gol terbanyak, suatu tim dapat menjadi pemenang dalam pertandingan sepak bola.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua gol yang dicetak merupakan gol yang sah. Terdapat ketentuan-ketentuan yang menjadi acuan kapan suatu gol dapat dikatakan sah. Oleh karena itu, setiap pemain harus memahami peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola.

Dalam meraih gol, setiap tim juga akan menghadapi banyak tantangan di lapangan, terutama dalam menghadapi lawan yang menghalangi kita dalam mencetak gol dan berusaha juga membobol gawang kita. Oleh karena itulah, selain memahami peraturan dalam sepak bola, setiap tim juga perlu menyiapkan taktik dan strategi agar dapat bermain maksimal di lapangan dan menjadi pemenang.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tahukah kamu bahwa selain menjadi suatu permainan tim yang mengasyikkan, bermain sepak bola juga membawa dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Saat bermain sepak bola tentu kamu akan melakukan banyak aktivitas yang ritmenya cepat, seperti berlari dan menendang. Nah, dengan adanya aktivitas-aktivitas tersebut, sepak bola dapat menjadi sarana olahraga bagi kita.

Ada banyak manfaat bermain sepak bola bagi tubuh kita, misalnya seperti meningkatkan kebugaran kardiovaskuler, membangun otot-otot tubuh, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kelincahan dan fleksibilitas, dan mengontrol berat badan. Oleh karena manfaat-manfaat itulah, maka tidak heran jika mayoritas pemain-pemain sepak bola Indonesia memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Dan menurut beberapa penelitian juga disebutkan bahwa bermain sepak bola untuk anak-anak dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kebugaran. Jadi untuk kamu yang hobi bermain sepak bola, terus tekuni hobi bermainmu ya.

3. Meraih Prestasi

Meraih Prestasi

Selain menjadi sarana olahraga, menekuni hobi bermain sepak bola juga dapat menambah prestasi yang kamu miliki. Hal ini karena saat ini sepak bola bukan hanya sekadar permainan yang dilakukan antar tim, melainkan juga sebagai ajang pertandingan. Ajang pertandingan sepak bola sudah ada di sekolah-sekolah, mulai dari SD sampai SMA. Bahkan ada juga pertandingan sepak bola untuk tingkat profesional. Tidak hanya di kancah nasional, tetapi juga sudah mendunia.

Dan kamu mungkin sudah pernah melihat pertandingan-pertandingan sepak bola internasional melalui siaran TV, seperti FIFA. Dengan  menjadi juara dalam pertandingan sepak bola di kancah Internasional, tim sepak bola Indonesia akan membawa nama harum bagi Indonesia.

Selain itu, pertandingan sepak bola merupakan pertandingan yang memiliki peminat paling tinggi. Siarannya selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Maka tidak heran bahwa pertandingan sepak bola menjadi pertandingan terfavorit di seluruh dunia.

Oleh karena itulah, untuk kamu yang hobi bermain sepak bola, tidak ada salahnya untuk bermimpi menjadi pemain profesional. Siapa tahu suatu hari nanti hobi ini akan membawamu menjadi pemain yang membawa nama harum Indonesia.

4. Melatih Kerjasama

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan lain dari permainan sepak bola adalah melatih kerjasama setiap pemain. Seperti yang kita ketahui, sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing timnya terdiri dari 11 pemain. Karena terdiri dari 11 pemain, maka untuk menjadi tim yang kuat, setiap pemain harus bisa bekerja sama untuk mengisi dan melengkapi pemain lainnya.

Dalam sebuah tim, tidak boleh ada yang ingin menonjol sendiri. Tidak boleh ada yang ingin menguasai bola sendiri agar namanya dikenal. Pemain yang seperti itu justru akan menciderai timnya sendiri. Setiap pemain harus menurunkan egonya untuk menonjol dan berorientasi pada keberhasilan timnya.

Maka dari itulah, dalam permainan sepak bola profesional, ada berbagai macam posisi, seperti sayap tengah, sweeper, gelandang bertahan, gelandang tengah, dan posisi-posisi lainnya. Adanya posisi-posisi semacam itu bertujuan supaya setiap pemain saling bekerja sama untuk menguasai bola dan lapangan.

Kemampuan kerjasama yang didapat dari permainan sepak bola juga akan bermanfaat dalam bidang lainnya, seperti saat kerja kelompok, mengerjakan proyek, dan saat bekerja nanti.

5. Melatih Kecerdasan Otak

Tidak hanya melibatkan kekuatan fisik, permainan sepak bola juga akan melatih kecerdasan otak kita. Mengapa? Seperti yang sebelumnya disebutkan, dalam permainan sepak bola pasti kita perlu belajar mengenai teknik, strategi, dan taktik yang akan dimainkan di lapangan.

Dengan belajar mengenai hal-hal tersebut, tanpa disadari kamu juga sedang melatih kemampuan otakmu agar dapat berpikir mengenai peluang-peluang yang akan terjadi di lapangan dan bagaimana agar dapat memenangkan pertandingan.

Selain itu, di lapangan sendiri kamu juga akan belajar bagaimana berpikir cepat. Sebab, kondisi lapangan bisa saja berubah-ubah. Oleh karena itu, kamu perlu mengambil keputusan yang tepat dan cepat.

6. Meningkatkan Kekuatan Mental

Meningkatkan Kekuatan Mental

Sepak bola adalah permainan yang memiliki ritme yang cepat. Setiap pemain akan terus bergerak dan berusaha mencetak gol selama 2 x 45 menit. Sebelum waktu berakhir, setiap pemain akan terus berjuang untuk memenangkan pertandingan.

Nah, karena sepak bola memiliki tingkat kompetitif yang tinggi, setiap mental pemain akan dilatih bagaimana berjuang saat pertandingan, meskipun kelelahan, jatuh-bangun, bahkan ketika gawangnya kebobolan oleh tim lawan. Apapun yang terjadi, setiap pemain harus bangkit dan berjuang sebelum waktu pertandingan selesai.

5. Meningkatkan Sportifitas dalam Bermain

Meningkatkan Sportifitas dalam Bermain

Tujuan permainan sepak bola selanjutnya adalah meningkatkan sportifitas dalam bermain. Kalau kita perhatikan, biasanya setiap pemain sepak bola memiliki rasa ingin menang yang sangat tinggi. Kebersamaannya sangat kuat dan ingin memenangkan pertandingan bersama timnya.

Karena diisi oleh tim-tim yang kuat, permainan sepak bola rawan sekali terjadi gesekan di lapangan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Sepak bola memiliki wasit yang akan menilai apakah gesekan tersebut masuk ke dalam kategori pelanggaran.

Dan setiap pemain yang melakukan pelanggaran akan mendapat hukuman yang merugikan tim orang tersebut. Oleh karena itulah, meskipun memiliki jiwa ingin menang yang sangat tinggi, setiap pemain juga akan dilatih bagaimana bermain sportif atau fair di lapangan

8. Meningkatkan Kebersamaan dan Persatuan

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan permainan sepak bola di list terakhir ini adalah meningkatkan kebersamaan dan persatuan dalam tim. Dengan memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memenangkan pertandingan, setiap pemain dalam tim memiliki rasa kebersamaan dan rasa memiliki yang lebih kuat. Mereka seakan memiliki rasa senasib dan sepenanggungan, sehingga satu sama lain harus saling mendukung dan menguatkan.

Belum lagi apabila pertandingan tersebut dilakukan antar negara. Pertandingan sepak bola yang memiliki banyak penggemar di Indonesia dapat menjadi ajang untuk meningkatkan persatuan bangsa. Penggemar sepak bola akan melepaskan ras, suku, agama, dan perbedaan-perbedaan lainnya untuk bersatu mendukung tim sepak bola Indonesia. Maka dari itulah, sepak bola dapat dikatakan sebagai ajang meningkatkan persatuan.

Nah, mungkin sekian artikel kali ini mengenai tujuan permainan sepak bola. Semoga artikel ini dapat meningkatkan wawasan pembaca. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend