Teknologi Microsoft Dalam Membantu Pengguna Dengan Masalah Penglihatan

Teknologi Microsoft Yang Bantu Pengguna Dengan Masalah Penglihatan

NESABAMEDIA.COMJumlah orang-orang dengan disabilitas, khususnya tunanetra dan keterbatasan penglihatan terus bertambah. Menurut World Health Organization (WHO), ada sekitar 40 juta tunanetra dan 250 juta orang dengan masalah penglihatan di seluruh dunia saat ini. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Untuk merespon masalah ini, Microsoft berupaya untuk terus bisa memberikan dukungan dalam bentuk teknologi pintar yang akan membantu pengguna dengan masalah penglihatan. 

Seeing AI

Proyek penelitian yang digagas Microsoft ini bisa memberikan bantuan kepada orang-orang dengan masalah penglihatan hingga kebutaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Ini adalah teknologi cerdas AI yang memiliki fungsi dasar untuk ‘menceritakan’ dunia sekitar kepada mereka yang memiliki keterbatasan. 

Menggunakan kamera sebagai mata pengguna terhadap sekitar, aplikasi yang bisa mengucapkan teks pendek di depan kamera, memindai barcode untuk informasi produk, memberikan detail tentang seseorang, mengenali catatan mata uang, membaca teks tulisan tangan, mendeskripsikan gambar dan banyak lagi lainnya. 

Microsoft Soundscape

Menemukan arah adalah tantangan utama yang dihadapi orang-orang dengan keterbatasan penglihatan. Microsoft Soundscape merupakan alat yang mengesankan untuk membantu mereka menemukan tempat ketika berjalan. Ini menggunakan data pemetaan OpenStreetMap dan akan memberikan detail kepada pengguna menggunakan pemetaan suara. 

Alat ini akan memandu pengguna dengan menyebutkan nama jalan dan persimpangan. Ada juga fitur berguna lainnya untuk secara instan menyediakan informasi mengenai lokasi pengguna saat ini dan detail dari lingkungan sekitar. 

Microsoft Narrator

Membaca teks di perangkat bisa dimungkinkan dengan pembaca layar di Windows dengan alat bernama Narrator. Ini adalah aplikasi pembaca bawaan di Windows 10, yang menjadikan OS lebih mudah diakses oleh para pengguna dengan masalah penglihatan. Ini bisa membaca email secara otomatis, memberikan judul dan rangkuman sebuah halaman web dan lainnya. 

FAR

Pengguna dengan masalah penglihatan kini bisa melakukan navigasi pada lingkungan yang mungkin belum terakses sebelumnya. Ini adalah kemampuan dari Foresight Augmented Reality yang memanfaatkan aplikasi smartphone bersama dengan Bluetooth, GPS dan teknologi Ultra-Wideband. 

Ini membantu mereka yang memiliki masalah penglihatan bisa menjadi lebih mandiri dengan memberikan informasi yang sangat rinci mengenai lingkungan mereka. Ini bisa menemukan halte bis dan mengarahkan pengguna jalan ke kantor, rumah atau lokasi yang dicari di dalam sebuah gedung. 

Mobileye OrCam

OrCam merupakan teknologi penglihatan buatan yang bisa dipakai oleh mereka yang mengalami masalah penglihatan yang buruk, kebutaan atau bahkan kesulitan membaca. Alat ini bisa digenggam atau ditempelkan di kacamata untuk membaca teks dari permukaan cetak atau layar digital apapun menggunakan sebuah kamera 13MP berukuran kecil. 

OrCam bisa menangkap halam penuh dan bahkan memungkinkan pengguna untuk memilih di bagian mana untuk mulai membaca. Kemudian, OrCam akan membisikkan konten halaman atau teks yang diambil melalui speaker internalnya atau perangkat Bluetooth yang terhubung. Terlebih ini bisa dilakukan secara real-time dan offline. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend