Tidak Semua Pengguna Dapatkan Widget News and Interest di Windows 10

Tidak Semua Pengguna Dapatkan Widget News and Interest di Windows 10

NESABAMEDIA.COMDiumumkan pada bulan April lalu, sebuah widget feed baru di Windows 10 yang bernama News and Interest kini telah tersedia untuk mereka yang bergabung di Windows Insider. Namun banyak pengguna yang melaporkan jika widget itu tidak aktif, meski mereka telah memasang pembaruan Windows 10 KB5001391

Bagi yang belum tahu, feed Taskbar atau yang biasa disebut dengan Windows Feed, adalah sebuah feed berita yang dibuat menggunakan jaringan berita Microsoft. Widget tersebut pada dasarnya dibuat untuk bisa muncul di Taskbar dan akan diperbarui secara otomatis. Ketika diaktifkan, pengguna tidak perlu membuka browser untuk mendapatkan berita atau prakiraan cuaca terbaru. 

Fitur ini bersifat opsional, dan pengguna bisa dengan mudah menghapusnya dengan hanya melakukan klik kanan di widget tersebut. Pengguna juga bisa melakukan personalisasi dengan menggunakan opsi seperti “More Stories Like This” atau “Fewer Stories Like This” untuk beberapa topik berita yang ingin ditampilkan. Menurut Microsoft, berita yang ditampilkan berasal dari lebih dari 4500 sumber seperti BBC, CNN dan Fox News

Dalam catatan rilisan pembaruan KB5001391, Microsoft mengumumkan kehadiran dari widget feed News and Interest. Sayangnya, widget tersebut rupanya masih belum tersedia untuk semua pengguna, berdasarkan dari laporan pengguna. Sepertinya perilisan yang menjangkau pengguna lebih luas setidaknya tidak akan dilakukan hingga akhir bulan ini. 

Microsoft mengaku telah mengetahui masalah ini namun tidak akan melakukan tindakan lebih lanjut, karena perilisannya memang dilakukan secara bertahap. Microsoft percaya dengan merilis fitur ini ke beberapa pengguna yang terpilih, bisa meningkatkan kualitas pembaruan dan memungkinkan mereka untuk menemukan adanya bug sebelum benar-benar merilis fitur itu ke semua pengguna. Ini dianggap mereka sebagai solusi terbaik.

Dalam sebuah uji coba, diketahui bahwa widget News and Interest itu tidak bisa dipaksa untuk aktif menggunakan Group Policy Editor maupun Registry Editor. Padahal biasanya fitur feed berita itu bisa diatur melalui Registry Editor. 

Dalam beberapa kasus, pengguna yang memaksa widget itu untuk aktif hanya akan melihat tampilan kosong, dan kemudian mengalami error, yang kemudian memaksa pengguna untuk merestart File Explorer. 

Leave a Reply

Send this to a friend