• Our Partners:

Aplikasi TikTok Paling Banyak Diunduh Tahun 2020

TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh Tahun 2020

NESABAMEDIA.COMSebuah laporan yang dirilis oleh perusahaan analisis App Annie mengungkapkan bahwa aplikasi TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2020 ini, baik di perangkat Android maupun iOS. Catatan TikTok ini pun mampu mengungguli aplikasi Facebook dan diprediksi pada tahun depan jumlah pengguna aktifnya rata-rata sebanyak 1.2 milyar setiap bulannya.

Sementara itu di posisi berikutnya masih diduduki oleh aplikasi milik Facebook yakni Instagram di posisi ketiga dan Whatsapp di posisi kelima.

Sementara itu aplikasi Messenger milik Facebook yang menjadi aplikasi paling banyak diunduh di tahun 2019, turun di posisi ke-enam. Posisi keempat ditempati oleh aplikasi video conference Zoom yang melonjak sebanyak 219 peringkat dari posisi di tahun lalu. 

Dalam laporannya, App Annie juga mengatakan bahwa unduhan secara global baik di Apple App Store dan Google Play Store jumlahnya mencapai 130 miliar setiap tahunnya. Jumlah ini mengalami kenaikan sekitar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, aplikasi di Google Play Store mendapatkan unduhan lebih banyak ketimbang aplikasi di Apple App Store. Selisihnya mencapai 160 persen. 

Diketahui peningkatan unduhan aplikasi mobile ini disebabkan oleh adanya wabah pandemi Covid-19, karena pengguna lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan smartphone mereka. 

“Di saat wabah pandemi ini, penggunaan perangkat mobile mengalami lonjakan. Salah satu area paling besar peningkatannya adalah dalam hal waktu yang dihabiskan pengguna,” kata laporan dari App Annie itu.

Sementara itu biaya pengeluaran yang dihabiskan oleh para pengguna aplikasi mobile, diketahui mencapai USD112 miliar di tahun 2020 ini. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Perangkat iOS menjadi yang paling banyak pengguna yang menghabiskan uangnya, meski demikian peningkatan pengeluaran di Android juga meningkat cukup tajam. 

Pasar yang paling banyak menghabiskan uang di perangkat iOS diketahui berasal dari negara Amerika, Jepang, dan Arab Saudi. Sementara untuk perangkat Android berasal dari India, Brasil dan Indonesia. Dan pengguna aplikasi yang paling banyak menghabiskan uangnya adalah mereka pengguna Tinder, TikTok, Youtube, Disney+ dan Video Tencent. 

Untuk aplikasi TikTok sendiri mengalami kenaikan 15 peringkat sebagai aplikasi dengan pengguna yang paling banyak menghabiskan uangnya. Sementara itu Netflix justru mengalami penurunan dari peringkat kedua menjadi peringkat keenam. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend