5 Tips Aman buat Anda yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Melakukan perjalanan dinas jarak jauh seringkali mengharuskan kamu untuk memilih moda transportasi pesawat terbang. Untuk beberapa orang, kesempatan tersebut mungkin jadi pertama kalinya memilih transportasi pesawat. Jika saat ini kamu sedang merencanakan perjalanan dinas, cek tiket pesawat disini.

Durasi penerbangan kamu mungkin hanya beberapa jam, tetapi selalu ada rasa was-was untuk kali pertama. Mempersiapkan diri sebelum penerbangan berlangsung jadi hal wajib yang harus kamu lakukan. Dengan mengetahui detail informasi di pesawat terbang, kamu akan merasa lebih nyaman dan aman sehingga tidak khawatir saat berada di dalam pesawat.

Perhatikan Posisi Tempat Duduk

Perhatikan Posisi Tempat Duduk

Posisi tempat duduk via cdn.idntimes.com

Sebelum take-off, kamu akan mendapatkan instruksi keamanan dari awak kabin pesawat. Selain menjelaskan prosedur keamanan darurat, awak kabin akan menunjukkan lokasi toilet yang bisa digunakan oleh para penumpang.

Biasanya, kamu akan ditunjukkan lokasi toilet terdekat dari barisan tempat duduk penumpang. Selain itu, perhatikan juga posisi pintu darurat dan arah evakuasi dari tempat dudukmu. Hal ini akan mempermudah kamu agar tidak kebingungan saat berjalan di kabin pesawat.

Sebelum penerbangan berlangsung, kamu akan diminta untuk mengenakan sabuk pengaman. Selama lampu indikator sabuk pengaman menyala, kamu sebaiknya tidak meninggalkan tempat duduk.

Manfaatkan Indikator Lampu Toilet

Manfaatkan Indikator Lampu Toilet

Toilet pesawat via klimg.com

Saat awak kabin pesawat menunjukkan lokasi toilet, kamu bisa memperhatikan lokasi tersebut sambil melihat indikator di sekitarnya. Biasanya, ada indikator lampu dengan gambar toilet. Jika lampu tersebut menyala merah, artinya toilet sedang digunakan. Kamu bisa menunggu sampai toilet kosong dengan adanya indikator lampu hijau menyala.

Lampu indikator toilet ini biasanya bisa terlihat dari tempat duduk penumpang. Jadi, kamu tidak harus antre dan menunggu di depan toilet pesawat. Jika durasi penerbangan kamu panjang, sebaiknya manfaatkan kesempatan untuk pergi ke toilet selagi bisa, sehingga kamu tidak harus terburu-buru dan berebut dengan penumpang lain.

Hindari Membawa Hand-carry Terlalu Banyak

Hindari Membawa Hand-carry Terlalu Banyak

Hindari membawa hand-carry terlalu banyak via cdn2.tstatic.net

Tidak semua pesawat memiliki ukuran kabin yang sama. Kamu mungkin saja naik pesawat kecil yang cuma menyediakan ruang gerak, baik saat duduk atau beranjak ke toilet. Oleh karena itu, sebisa mungkin simpan barang-barangmu pada bagasi kabin yang terletak di atas kursi penumpang.

Agar lebih praktis, kamu bisa membawa pouch untuk meletakkan barang-barang berharga agar tidak tercecer. Nah, kamu memang diperbolehkan untuk meletakkan barang di bawah kursi, tetapi jangan mengganggu kenyamanan penumpang lain ya.

Persiapkan Toiletries Pribadi

Persiapkan Toiletries Pribadi

Perlengkapan toiletries via travelfashiongirl.com

Tidak semua penumpang dapat terbiasa dengan kenyamanan moda transportasi pesawat terbang. Agar kamu bisa merasa lebih nyaman, sebaiknya persiapkan tisu kering dan tisu basah untuk berjaga-jaga kalau saja ada interior tempat duduk yang kotor. Siapkan juga perlengkapan toiletries pribadi lain seperti sabun cair atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah menggunakan toilet.

Kamu bisa membuat dirimu nyaman saat ingin menggunakan pesawat terbang. Kuncinya, persiapkan diri kamu untuk menggunakan fasilitas yang tersedia di kabin pesawat sesuai prosedur keamanan yang sudah diberikan. Meski baru pertama kali menggunakan pesawat terbang untuk perjalanan dinas, perjalanan kamu akan tetap nyaman.

Dengan lima tips di atas, semoga kamu tidak terlalu khawatir untuk pertama kali terbang, ya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend