Apa itu TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Apa itu TKJ? Mengenal Pengertian TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Bagi Anda yang pernah melanjutkan sekolah di jenjang SMK, pasti tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. TKJ merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan yang memang menjadi salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurusan ini menjadi salah satu yang terfavorit yang di dalamnya membahas berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi dan juga informasi.

Biasanya di dalam kelas akan didominasi oleh siswa perempuan. Hal ini mungkin jurusan yang lain dipandang sebagai jurusan yang maskulin yang lebih banyak didominasi oleh siswa laki-laki.

Meskipun begitu, Anda tetap menemukan siswa perempuan yang masuk jurusan lainnya yang dianggap maskulin tersebut seperti teknik otomotif, TKR (Teknik Kendaraan Ringan), dan beberapa jurusan lainnya.

Apa yang Dipelajari di Jurusan TKj (Teknik Komputer dan Jaringan)

Apa yang Dipelajari di Jurusan TKj (Teknik Komputer dan Jaringan)

Mungkin Anda penasaran kira-kira apa yang akan mereka pelajari ketika mengambil jurusan ini? Ada banyak hal yang akan Anda pelajari dan membuat Anda lebih paham seputar dunia komputer dan jaringan.

1. Sistem Operasi

Salah satu hal yang akan Anda pelajari adalah berkaitan dengan sistem operasi. Selama ini mungkin kita hanya sekadar tahu bahwa sistem operasi yang biasa digunakan oleh komputer atau laptop adalah Windows.

Di jurusan ini Anda akan diajari tentang bagaimana cara menginstal sistem operasi tersebut. Selain itu, Anda juga akan diajari tentang bagaimana cara melakukan konfigurasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan OS Windows seperti pengaturan driver, layar, keyboard. dan lain sebagainya.

Bukan itu saja, Anda bahkan akan mempelajari sistem operasi lainnya yaitu Linux. Sama seperti Windows, Anda akan mempelajari bagaimana cara menginstal sistem operasi tersebut serta bagaimana cara konfigurasi beberapa hal di dalamnya. Bagi mereka yang memiliki passion di bidang ini pastinya akan antusias mempelajarinya.

2. Hardware dan Software

Hal lainnya yang juga akan Anda pelajari adalah berkaitan dengan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Anda bukan hanya sekadar mengetahui nama-nama dari setiap hardware maupun software tersebut. Di jurusan ini, Anda akan mempelajari setiap fungsinya. Untuk hadrware. Anda bisa melihat secara langsung apa saja perangkat keras yang ada di dalam komputer dan juga laptop.

Sementara berkaitan dengan software, Anda juga akan mempelajari fungsi dan bagaimana menginstalnya. Sebagai tambahan, kedua hal ini merupakan modal penting yang dibutuhkan ketika para siswa yang mengambil jurusan ini memasuki tahap PSG atau magang. Mereka biasanya akan diminta untuk bongkar pasang komputer serta menginstal sistem operasi dan aplikasi.

3. Jaringan

Sesuai nama jurusannya, Anda juga akan mempelajari seperti apa jaringan komputer. Bukan hanya sebatas memahami jaringan intenret melainkan berbagai topologi jaringan seperti LAN, MAN, dan WAN.

Anda juga akan mempelajari perbedaan dari masing-masing topologi jaringan tersebut. Anda pun juga akan melakukan praktik seperti memasang kabel crossover dan straight maupun praktik jaringan yang lainnya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments