Pembaruan Fitur Baru Twitter di Aplikasi Android

Twitter di Android Dapatkan Fitur Custom Share Sheet Baru Untuk Berbagi Cuitan

Twitter telah merilis pembaruan untuk aplikasi Android mereka. Pembaruan ini membawa fitur baru Custom Share Sheet (lembar berbagi khusus), sebuah fitur yang sama seperti yang ada di aplikasi untuk perangkat iOS, dan kemudian dirilis untuk platform microblogging di Android.

Dalam laporan tersebut, Twitter membawa dua variasi berbeda dalam Custom Share Sheet untuk aplikasi Android itu. Kedua variasi itu akan menggantikan keberadaan Custom Share Sheet yang ada sebelumnya. 

Jadi bisa dibilang sejauh ini sudah ada tiga jenis Custom Share Sheet, yakni satu yang lama dan dua lagi yang baru. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membagikan cuitan yang telah mereka pilih kepada para pengikut yang paling sering mereka ajak untuk berkomunikasi. Secara keseluruhan fungsinya memang sangat mirip satu sama lain, namun ada sejumlah perbedaan yang bisa dirasakan.

Pertama, versi lama memiliki opsi untuk membagikan cuitan melalui Direct Message (DM), Bookmark it, menyalin tautan pada cuitan dan kemudian membagikannya ke aplikasi berbeda yang diatur secara vertikal. 

Pembaruan kali ini diketahui membawa iterasi yang berbeda. Di kedua iterasi, opsi membagikan melalui Direct Message berada tepat di bawah akun Twitter yang bisa diakses. Pada iterasi pertama, pilihan Bookmark, salin tautan, dan bagikan melalui, tersedia secara horizontal tepat di bawah opsi “bagikan melalui Direct Message”. Di bawahnya, pengguna akan mendapatkan daftar aplikasi pihak ketiga dalam bentuk vertikal, di mana cuitan yang telah dipilih akan dibagikan.

Di iterasi kedua, opsi salin tautan dan Bookmark ditampilkan secara bergantian antara aplikasi pihak ketiga di bawah opsi “bagikan melalui Direct Message”. 

Secara khusus, Twitter melalui cuitan di akun resmi mereka telah memberikan konfirmasinya bahwa mereka telah merilis menu berbagi yang baru itu ke seluruh pengguna aplikasi Twitter di Android. 

“Hai, teman-teman di Android. Menu berbagi yang baru ini sekarang telah diuji coba di perangkat Android kalian, agar nantinya kalian bisa lebih cepat untuk membagikan cuitan ke aplikasi lain. Jika kalian mendapatkannya, cobalah,” cuit Twitter dalam akun resmi mereka. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend