Fitur Gambar Resolusi 4K di Aplikasi Twitter Android

Twitter Kini Izinkan Pengguna Unggah Gambar 4K

NESABAMEDIA.COMTwitter sangat terkenal akan kebijakan mereka yang mengompresi gambar dan video, jadi tidak mengherankan jika melihat hasil foto dari seorang profesional pun hasilnya terlihat tidak maksimal saat dibagikan ke platform sosial media itu.

Namun, pada tahun lalu perangkat iOS mendapatkan hak istimewa di mana para penggunanya bisa mengunggah gambar 4K ke akun Twitter. Dan setahun kemudian, hak istimewa itu rupanya juga dihadirkan ke pengguna Android.

Sepertinya fitur kualitas gambar 4K ini sudah hadir di Twitter versi beta 8.76 ke atas. Tidak seperti penerapan di iOS, yang mengharuskan pengguna untuk menekan dan menahan gambar untuk memunculkan opsinya, tombol “Load 4K” ditempatkan di menu titik tiga yang biasanya muncul setelah membuka sebuah gambar. 

Tombol Menu Load 4K di Twitter Android

Tombol Menu Load 4K di Twitter Android

Karena fitur ini sudah tersedia untuk Twitter versi beta 8.76, pengguna bisa melakukan sideload APK versi beta itu melalui APK Mirror, jika ingin mencobanya sekarang juga. 

Pengaturan Gambar 4K Twitter

Pengaturan Gambar 4K Twitter

Selain bisa melihat gambar dengan resolusi tinggi, pengguna juga bisa mengunggah gambar 4K dari perangkat Android mereka. Untuk melakukannya buka halaman Settings and Privacy → Data Usage → High Quality Image Upload. Di situ, pengguna bisa memilih apakah ingin untuk mengunggah gambar beresolusi tinggi menggunakan kuota data internet atau melalui Wi-Fi, atau memilih apa yang tersedia saat itu saja. 

Saat pilihan tersebut diaktifkan, maka pengguna tinggal mengunggah sebuah gambar dengan resolusi lebih dari 8.3MP atau resolusi 4K untuk bisa ditampilkan dalam versi 4K di aplikasi Twitter. Hampir semua smartphone modern yang ada saat ini sudah mampu untuk menangkap gambar dan menjadikannya memiliki resolusi sangat tinggi. Sehingga persyaratan itu tentunya tidak akan susah untuk dipenuhi. 

Hampir semua platform sosial media yang memiliki kebijakan pengompresan gambar seperti Twitter ini. Sebelum fitur ini dihadirkan, banyak gambar yang ditangkap menggunakan kamera canggih sekalipun, akan mengalami gradasi kualitas, sehingga terlihat lebih jelek dan berkualitas rendah ketimbang gambar aslinya. Facebook juga melakukan kebijakan yang sama, namun mereka sudah menawarkan fitur semacam ini jauh lebih dulu.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend