uBlock

uBlock Origin akan Segera Hadirkan Dukungan Manifest V3

NESABAMEDIA.COM – Mengikuti akan pembaruan dari Chrome dan chromium yang telah mengubah manifest V3, uBlock telah memberikan kabar baik dengan pengembangan layanan mereka yang akan mendukung Manifest V3 untuk dijalankan pada Chrome dan Chromium, Jumat (09/09).

uBlock telah memberikan kabar yang cukup baik pada awal bulan September ini, di mana mereka sedang dalam tahap pengembangan untuk menjalankan eksistensi mereka yang mendukung Manifest V3. Meskipun begitu, uBlock sendiri mengatakan bahwa kemampuan mereka masih belum dibilang sempurna, karena masih hanya sebatas mengandalkan kemampuan dari browser bawaan.

Kemampuan yang dimaksud ialah kemampuan browser dalam menyaring konten, di mana memang tidak memerlukan izin khusus untuk dapat mengakses data. Meskipun memang terbukti masih bisa memblokir beberapa jenis iklan yang mengganggu, namun tidak semua iklan bisa diblokir seperti dari Google Adsense.

Mudahnya, uBlock memiliki fungsi yang masih terbatas untuk Network Request saja yang memang tidak memerlukan izin khusus. Maka dari itu, pihak uBlock sendiri telah menyatakan bahwa kemampuan mereka masih belum sempurna untuk memblokir sejumlah iklan yang bandel.

Hal ini diperkuat melalui pernyataan Raymodn Hill, pengembang uBlock yang menyatakan bahwa uBlock ini memiliki versi Minus yang mana sesuai dengan kemampuannya saat ini. Di mana memang belum dapat berjalan dengan sempurna. Lainnya, uBlock tidak hadir dengan fitur Scriptlet Injection, hingga Cosmetic Filtering untuk memblokir iklan.

Saat ini, uBlock hanya menyediakan sebuah proyek terkait dengan pengembangan mereka dalam mendapatkan dukungan dari Manifest V3, yang mana bisa langsung dilihat langsung ada laman resmi mereka di GitHub untuk informasi lebih lanjut.

Hingga saat ini, selain uBlock Origin juga ada beberapa layanan pemblokiran iklan berbasis Chromium lainnya yang telah mengatakan bahwa mereka juga sedang dalam tahap pengembangan untuk Manifest V3, diantaranya ialah AdGuard.

AdGuard merupakan pengembang dari layanan AdBlock yang telah lama menjadi bagian dari eksisten Chrome dan Chromium. AdGuard telah menyatakan bahwa mereka sedang dalam tahap pengembangan untuk mendapatkan dukungan Manifest V3, yang direncanakan akan merilis versi Final pada awal 2023 mendatang.

Bersamaan dengan itu, Google juga telah menyatakan bahwa akan memberlakukan dan menghentikan Manifest V2 mereka pada bulan Januari 2023 nanti.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend